Pembelajaran Menyenangkan pada Materi Interaksi Manusia dan Ruang dengan Google Map

Oleh : Yanih, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasi peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas 7 yaitu kompetensi 3.3 adalah memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang. Sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.

Sedangkan kompetensi keterampilannya adalah 4.3 yaitu menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.

Pembelajaran di masa pandemi dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) memberikan tantangan dalam upaya menarik minat dan rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang dipelajari. Maka, dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut pada saat PJJ dapat menggunakan google map agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan menarik dan interaktif.

Google map merupakan layanan dari google yang tidak hanya dapat membantu menunjukkan jalan dari suatu tempat ke tempat lain atau sebagai petunjuk jalan. Namun juga melalui google map kita dapat mencari berbagai lokasi dengan mudah. Misalnya lokasi berbagai pasar, mal, pabrik, hotel, sekolah, sungai, gunung, dan sebagainya. Data yang ditunjukkan pada google map selalu update sehingga data dapat selalu berkembang.

Baca juga:   Disiplin, Perlukah?

Peserta didik dapat memperkuat data dari google map menggunakan referensi pendukung lainnya. Google map juga dapat digunakan dengan mode satelit sehingga hasil yang terlihat seperti keadaan aslinya. Tidak hanya berupa peta. Peserta didik dapat melakukan jelajah kota Depok dengan hanya menggunakan google map. Dalam mempelajari interaksi antarmanusia dengan ruang akan menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi dalam pembelajaran secara PJJ dapat dilaksanakan menggunakan google map. Peserta didik dapat mengamati kota tempat tinggalnya, Kota Depok, Jawa Barat dan mengamati posisi berbagai tempat strategis seperti pabrik, pasar, fasilitas umum, keadaan tanah, sungai, dan bagaimana interaksi yang terjadi dengan keadaan ruang di kota Depok terhadap ekonomi dan budaya masyarakat.

Sebagai bahan perbandingan, guru dapat membagi kelompok peserta didik untuk mengamati wilayah yang berbeda misalnya daerah yang ada di Sumatera, Papua, Sulawesi dan sebagainya. Selain dengan google map, peserta didik juga diperkenankan menggunakan berbagai referensi lain yang relevan.

Dengan google map, peserta didik SMPN 26 Depok yang terletak di kota Depok, Jawa Barat dapat melihat keadaan ruang kota Depok. Kondisi geografis kota Depok, dialiri sungai-sungai besar yaitu Sungai Ciliwung dan Cisadane serta 13 sub Satuan Wilayah Aliran Sungai. Disamping itu terdapat pula 25 situ. Data luas situ pada 2005 sebesar 169,68 ha, dengan kualitas air rata-rata buruk akibat tercemar. Selain itu, kondisi topografi berupa dataran rendah bergelombang dengan kemiringan lereng yang landai menyebabkan banjir di beberapa wilayah. Terutama kawasan cekungan antara beberapa sungai yang mengalir dari selatan menuju utara: Kali Angke, Sungai Ciliwung, Sungai Pesanggrahan dan Kali Cikeas (https://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1063).
Setelah mengamati keadaan wilayah maka peserta didik diminta membuat laporan hasil pengamatan ruang kota Depok yang berkaitan dengan interaksi manusia dan ruang serta dan dampaknya terhadap ekonomi dan budaya masyarakat.

Baca juga:   Koperti dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Berdasarkan uraian di atas, menggunakan google map pada materi interaksi ruang dapat menjadi salah satu alternatif agar pembelajaran jarak jauh dapat terlaksana secara efektif dan menyenangkan. Peserta didik dapat melaksanakan jelajah alam, mengenal berbagai kondisi fisik wilayah, mengetahui berbagai persebaran hotel, pabrik ataupun berbagai usaha lainnya.
Selain itu, peserta didik dilatih mengolah, menganalisis data yang didapatkan pada google map. Mencocokkan dengan data referensi lain dan belajar membuat simpulan, mengomunikasikan hasilnya melalui kegiatan presentasi atau laporan hasil kerjanya. (bp2/lis)

Guru IPS SMPN 26 Depok, Kota Depok

Author

Populer

Lainnya