Mudah Belajar Matematika dengan Video Pembelajaran

Oleh ; Siti Chalimah, S.Ag.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MATERI pelajaran matematika sangat penting diajarkan karena sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya sebagian besar peserta didik menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan juga membosankan. Kenyataan tersebut berakibat pada menurunnya minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajarinya.

Hal ini semakin diperparah dengan kondisi seperti sekarang ini, di mana kita “dipaksa” untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau BDR (Belajar dari Rumah) karena pandemi Covid-19, dimana antara guru dan peserta didik tidak bisa bertemu langsung dalam proses belajar mengajarnya. Kondisi ini menuntut kreativitas guru untuk bisa menyajikan proses belajar mengajar yang menarik dan mudah dicerna oleh peserta didik. Oleh karenanya, memilih media pembelajaran yang tepat menjadi sebuah keharusan bagi guru.
Media pembelajaran menurut Rayanda Asyar (2012 : 8) adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.

Baca juga:   PBL Mempermudah Menentukan Luas Permukaan Prisma

Penulis memilih video sebagai media pembelajaran matematika yang diterapkan di kelas 3 B Al Farabi MIN 1 Yogyakarta. Penulis menyadari bahwa pembelajaran anak-anak usia kelas 3 SD haruslah menarik dan bisa membuat siswa aktif mengikutinya.
Menurut Aqib (2013:51) manfaat video antara lain : Pembelajaran lebih jelas dan menarik; proses belajar lebih interaksi; efisiensi waktu dan tenaga; meningkatkan kualitas hasil belajar; belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja; menumbuhkan sikap positif belajar terhadap proses dan materi hasil belajar

Setelah beberapa bulan penulis menggunakan media video pembelajaran, khususnya untuk muatan pelajaran matematika, antusiasme siswa-siswi di kelas 3 B Al Farabi semakin meningkat meskipun mereka belajar dari rumah tanpa bertemu langsung dengan guru. Dengan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran ini membuat prestasi mereka pada muatan pelajaran matematika juga semakin meningkat. (bp1/zal)

Guru MIN 1 Yogyakarta

Author

Populer

Lainnya