Asyik Mengidentifikasi Tokoh melalui Word Chain Games

Oleh : Chasanah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran tema 3 tentang Tokoh dan Penemuan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia KD 3.2 dan 4.2 termasuk mudah dan sederhana untuk diberikan bagi siswa kelas VI. Akan tetapi apabila kita salah dalam pemilihan metode akan mengakibatkan situasi pembelajaran yang membosankan sehingga tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai secara maksimal. Butuh pemilihan metode dan media yang tepat serta menarik minat anak untuk mempelajari dan mengenal tokoh serta penemuannya dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Dengan permainan di dalam kelas para siswa diharapkan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Wang, Shang dan Briodi (2011) menulis artikel bahwa penggunaan permainan dalam pembelajaran akan meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa.

Dalam penyampaian tema tokoh dan penemuannya guru mengalami beberapa kendala. Salah satunya adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan mengingat nama tokoh serta penemuannya. Untuk meningkatkan kemampuan siswa SD Negeri 2 Purwojati dalam mengidentifikasi nama tokoh beserta penemuanya dibutuhkan metode yang kreatif sehingga siswa akan tertarik dan tidak merasa bosan. Guru mencoba menggunakan metode permainan word chain games atau permainan kata berantai.

Baca juga:   Penilaian Teman Sejawat Tingkatkan Motivasi Pembelajaran Berpidato

Seperti namanya game ini adalah permainan kata-kata yang disebut kata berantai. Dalam permainan ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dalam setiap kelompok terdiri dari 4 – 6 peserta. Dalam penyajian permainan ini dibagi menjadi 2 sesi. Pertama guru membagikan potongan kertas, kemudian siswa menulis satu nama penemuan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian siswa mengumpulkan kertas tersebut. Guru meminta 2 kelompok maju ke depan, lalu siswa dalam kelompok diminta menempelkan potongan kertas bertuliskan penemuan pada papan activity board sesuai nama tokoh dari guru. Setelah siswa pertama selesai dilanjutkan siswa berikutnya sampai waktu yang diberikan selesai. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan permainan dan mampu menjawab dengan benar adalah yang menang.

Setelah diterapkan dalam pembelajaran ternyata antusias siswa kelas VI luar biasa. Game ini sangat menantang dan bermanfaat bagi para siswa. Mengingat mereka sulit menebak penemuan dan tokoh penemunya dari petunjuk sederhana. Permainan ini sangat kompetitif sehingga para siswa tertantang dan merasa tidak bosan dalam pembelajaran. Selain itu hasil dari permainan ini terlihat dari meningkatnya minat siswa dalam pembelajaran diiringi dengan meningkatnya nilai ulangan tema Tokoh dan Penemuan yang diadakan di akhir setiap pertemuan. Terlihat jelas beberapa siswa mengalami peningkatan dari yang sebelumnya dalam pembelajaran yang sebelumnya hanya didominasi anak-anak tertentu, ketika guru menggunakan permainan word chain games, hampir semua siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Baca juga:   Pembelajaran Cerpen di Abad 21 Menggunakan Model CIRC

Penggunaan word chain games sangat efektif ketika diterapkan dalam pembelajaran tema yang mempelajari tentang nama-nama tokoh beserta penemuan mereka pada siswa kelas VI. Terlihat dari meningkatnya hasil ulangan harian pada tema tersebut. Dilihat dari antusias siswa serta hasil nilai ulangan harian setelah penggunaan dan penerapan permainan word chain games tersebut, menunjukkan bahwa permainan ini bisa juga diterapkan pada mata pelajaran yang lain serta bisa digunakan di semua jenjang Pendidikan. Tinggal dimodifikasi dan disesuaikan mata pelajaran serta kondisi siswa juga kebutuhan setiap guru. (pai2/ton)

Guru SD Negeri 2 Purwojati, Kertek, Wonosobo

Author

Populer

Lainnya