Tutor Sebaya Mudahkan Siswa Praktik di Bengkel Pemesinan

Oleh : Pudiono, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Metode pembelajaran sangatlah banyak dalam roses pembelajaran. Guru tinggal memilih sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang efektif, kondusif, dan menyenangkan bagi guru dan siswa. Dengan suasana yang menyenangkan, seluruh perhatian dan konsentrasi siswa terpusat pada proses pembelajaran, sehingga suasana belajar yang serius tapi santai dapat terwujud.

Menurut M. Sobry Sutikno (2005:76) metoda pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.

Cara yang dipergunakan oleh guru dalam menyajikan materi pelajaran dirancang secara sistemik dan sistematik, dan digunakan pada saat berlangsungnya pembelajaran. Guru yang tidak mengenal metode mengajar atau hanya asal mengajar, jangan harap bisa melaksanakan proses belajar mengajar dengan sebaik-baiknya.

Metode pembelajaran yang dipakai oleh guru haruslah yang dapat membangkitkan minat belajar siswa, sehingga materi pelajaran yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti.
Salah satu metode pembelajaran yang efektif digunakan adalah peer teaching (tutor sebaya), pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa yang berperan sebagai tutor adalah siswa yang mempunyai kelebihan daripada siswa yang lainnya. Artinya seorang tutor adalah siswa yang lebih pintar atau lebih memahami materi pokok pembelajaran dan mempunyai keterampilan yang lebih pintar dibandingkan siswa lainnya.

Baca juga:   Tumbuhkan Entrepreneurship dengan Menganalisa Peluang Usaha Barang dan Jasa

Semua siswa dapat menjadi tutor asalkan siswa tersebut sudah memahami materi pokok pembelajaran yang akan diberikan saat proses pembelajaran berlangsung. Menurut Winarno Surakhmad (1994:53) tutor sebaya merupakan salah satu strategi pembelajaran untuk membantu memenuhi kebutuhan peserta didik. Ini merupakan pendekatan kooperatif bukan kompetitif.

Rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara peserta didik yang bekerja sama. Peserta didik yang terlibat tutor sebaya akan merasa bangga atas perannya dan juga belajar dari pengalamannya. Hal ini membantu memperkuat apa yang telah dipelajari dan diperolehnya atas tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

Seperti yang penulis pergunakan dalam pembelajaran produktif kejuruan di SMK Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang jurusan Teknik Pemesinan. Tutor sebaya sangatlah efektif dan efisien dalam proses penyampaian informasi lebih menyeluruh dan mudah dipahami teman-teman lainnya.

Siswa praktik di bengkel pemesinan akan lebih mudah dilakukan. Siswa tidak merasa canggung, takut, grogi ataupun minder karena teman yang memberikan bimbingan praktik di bengkel. Jika guru yang memberikan bimbingan biasanya siswa minder, takut dan grogi terlebih dahulu sehingga ketika praktik menggunakan mesin dalam pembuatan job sheet-nya, produk yang dihasilkan tidak bisa maksimal hasilnya. Akibatnya nilai yang di dapat sering tidak mencapai batas ketuntasan minimal. Dengan peer teaching hasil yang didapatkan dalam pembelajaran praktik sangatlah optimal dan dapat diserap serta dipahami oleh siswa dengan mudah.

Baca juga:   Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran dari Rumah bagi Siswa SD

Peserta didik akan sangat merasa nyaman belajar dengan pendampingan teman sekelasnya. Materi dan praktik yang diberikan kepada siswa yang lebih cepat paham dan terampil dalam menerima materi pembelajaran dijadikan oleh guru tersebut menjadi tutor sebaya.

Dalam pelaksanaannya siswa yang dibimbing oleh temannya lebih enjoy dan lebih mudah paham dan terampil dalam menerima materi yang dipelajarinya. Ketika mereka belajar dengan tutor sebaya, siswa juga mengembangkan kemampuan yang lebih baik untuk mendengarkan, berkonsentrasi, dan memahami apa yang dipelajari dengan cara yang bermakna, karena penjelasan yang diberikan menggunakan bahasa yang lebih akrab. (fbs2/lis)

Guru Teknik Pemesinan SMKN 1 Windusari, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya