Pemanfaatan Zoom Meetings dalam Proses Pembelajaran Fisika

Oleh: Sri Murwati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ZOOM Meetings merupakan sebuah media pembelajaran menggunakan video. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk pembelajaran saja tetapi bisa digunakan untuk urusan perkantoran maupun urusan lainnya. Dalam aplikasi Zoom Meetings ini, kita bisa berkomunikasi langsung dengan siapapun lewat video. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Dengan kata lain, pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS), seperti menggunakan Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, dan sebagainya. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Melalui Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, proses belajar mengajar dialihkan secara mandiri di rumah masing-masing siswa dengan model jarak jauh sistem online atau daring. Untuk menyikapi pembelajaran model jarak jauh atau daring, guru harus menguasai model aplikasi yang memungkinkan kegiatan pembelajaran jarak jauh atau daring. Tentunya, aplikasi yang dipilih oleh guru sudah dikuasai juga oleh siswanya.

Baca juga:   Tingkatkan Motivasi Belajar Fisika melalui Kata Bijak saat Pandemi Covid-19

Dalam pembelajaran daring fisika ini menggunakan aplikasi Zoom Meetings. Sebelum pembelajaran dimulai, guru mengkoordinasi siswa-siswa melalui WhatsApp Grup. Guna mengingatkan siswa-siswa untuk mengikuti pembelajaran daring menggunakan Zoom Meetings. Pada saat pembelajaran berlangsung menggunakan Zoom Meetings, siswa-siswa diwajibkan mengaktifkan kamera atau on cam. Guru mengabsensi siswa dengan cara menyebutkan nama siswa dan siswa merespons guru dengan cara menjawab hadir, ketika namanya dipanggil. Guru dapat memantau siswa-siswa siapa saja yang mengaktifkan kamera dan tidak. Guru menilai keaktifan siswa dilihat dari respons siswa yang menjawab dan bertanya.

Pemanfaatan Zoom Meetings bertujuan agar proses pembelajaran fisika kelas 10 SMK Negeri 2 Purwokerto dapat berjalan lancar. Selain itu, masalah lain yang perlu diperhatikan adalah para siswa juga akan mengalami kesulitan untuk melakukan konsultasi dengan guru terutama untuk pelajaran yang dianggap membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang lebih mendalam. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut, aplikasi Zoom Cloud Meetings untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran online atau daring yang memungkinkan guru berinteraksi lebih komunikatif.

Baca juga:   Belajar dan Bermain, Mengapa Tidak?

Zoom juga merupakan aplikasi yang menyediakan layanan konferensi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler. Kelebihan saat pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom Meetings yaitu memungkinkan melakukan meeting sampai 100 partisipan, pengguna bisa mengirimkan teks saat pembelajaran berlangsung, pengguna dapat menjadwalkan meeting melalui fitur schedule (jadwal). Namun dibalik kelebihan tersebut, Zoom juga memiliki kekurangan yaitu kegiatan online hanya dapat berlangsung selama 40 menit. Bila membutuhkan waktu lebih dari itu, pengguna perlu mengulang proses untuk melanjutkan.

Dengan menggunakan aplikasi Zoom pada pembelajaran daring fisika, ternyata sangat menyenangkan. Guru menjadi kreatif, siswa senang dan dapat memahami penjelasan yang diberikan oleh guru. Hal yang paling penting adalah guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efektif seperti kegiatan mengajar dengan tatap muka di kelas. Seperti yang diterapkan di SMKN 2 Purwokerto. (pai2/zal)

Guru Fisika SMKN 2 Purwokerto

Author

Populer

Lainnya