Menulis Teks Recount Sederhana dengan Ceria Berseri

Oleh : Rahayu Puspaningrum, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan dalam dunia pendidikan menuntut peserta didik untuk meningkatkan empat kemampuan dasar, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Dari empat keterampilan berbahasa tersebut, menulis (writing) adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Apabila mencermati isi dari Standar kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII untuk ketrampilan menulis ini, salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah mereka dapat menyusun teks recount lisan dan tulis sangat pendek, sederhana.

Menulis merupakan sebuah proses penyampaian ide, pikiran, dan perasaan lewat sistem bunyi atau huruf. Menurut Tarigan (1986), menulis sebagai kegiatan mengungkapkan ide atau gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampainya.

Text recount adalah teks yang menceritakan kembali kejadian yang telah terjadi (tell what had happened), dengan tujuan mendokumentasikan serangkaian kejadian ke dalam bentuk tulisan. Adapun susunan teks recount (generic structure) terdiri dari orientation, pemberian informasi tentang siapa (who), di mana (where), dan kapan (when) kejadian itu terjadi. Events, merupakan urutan peristiwa dan reorientation, ungkapan perasaan penulis.

Baca juga:   Asyiknya Bermain Word Chain Game untuk Melatih Kosakata

Dalam menulis teks recount ini peserta didik diminta untuk menceritakan pengalaman yang dialaminya, baik yang menyenangkan atau menyedihkan. Harusnya ini mudah dilakukan, karena semua peserta didik mempunyai pengalaman yang bisa mereka tulis. Semudah mereka menuliskannya dalam buku diary tentunya. Akan tetapi, hal tersebut masih sulit dilakukan oleh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Doro.

Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi guru bahasa Inggris untuk mencari cara yang paling efektif dan efisien dalam mengatasi kesulitan peserta didik tersebut. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran didalam proses pembelajaran menulis teks recount ini. Banyak pilihan media yang bisa digunakan untuk pembelajaran ini, salah satunya adalah dengan Cerita Gambar Berseri (Ceria Berseri) atau biasa disebut picture series.

Menurut Sadiman (2002), gambar adalah media yang paling umum dipakai dan merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana serta gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. Gambar berseri adalah rangkaian gambar yang terdiri atas dua gambar atau lebih, antara gambar yang satu dengan lainnya saling berkaitan dan merupakan satu kesatuan cerita.

Baca juga:   Perlu Positive Thinking untuk Memahami Permasalahan Siswa

Pembelajaran menulis teks recount ini bisa diawali dengan kelompok terlebih dahulu. Setiap kelompok diberikan gambar berseri, kemudian mereka diminta untuk mengamati dan meneliti gambar tersebut. Setelah mengamati gambar, peserta didik membuat daftar kosa kata berdasarkan gambar. Misalnya kata kerja bentuk ke II / verb II (go-went, take-taken, visit-visited, return-returned, etc) dan masih banyak yang lainnya. Kemudian membuat kalimat dengan menggunakan kosa kata yang telah ditemukan berdasarkan gambar. Peserta didik dapat menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf. Di sini guru harus memastikan paragraf tersebut tersusun dengan benar dengan membimbing peserta didik tentang ejaan, tata bahasa dan tanda baca yang benar. Selanjutnya peserta didik menulis paragraf berdasarkan kalimat yang telah mereka susun. Sebagai kelanjutannya, bisa dikembangkan menjadi tugas individu dengan membuat personal recount untuk masing-masing peserta didik di rumah. (bp2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP N 1 Doro, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya