MPA Tingkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak

Oleh: St Darojah,S.Ag.,MSI

spot_img

RADARSEMARANG.ID, AKIDAH Akhlak merupakan salah satu rumpun Pendidikan Agama Islam yang termasuk mata pelajaran yang merupakan peningkatan dari mata pelajaran Akidah Akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari dan memperdalam Akidah Akhlak sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan memasuki lapangan kerja dan yang lebih penting adalah untuk hidup bermasyarakat.

Akidah akhlaq di Madrasah Aliyah memang bukanlah satu-satunya yang menentukan akhlak peserta didik. Akan tetapi secara substansional mata pelajaran akidah akhlak memiliki konstribusi yang sangat besar terhadap penanaman Akhlak peserta didik. Karena guru sebagai pengganti orangtua ketika peserta didik berada dilingkungan Madrasah, maka seorang guru berkewajiban mendidik, membimbing dan mengarahkan peserta didik agar tujuan pendidikan agama dapat tercapai.

Dalam proses pembelajaran guru mempunyai peran yang sangat penting terutama dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yang menuntut peserta didik ikut serta aktif dalam pembelajarn sehingga materi yang diterima dapat diserap dengan baik. Nuansa pembelajaran yang aktif dan menyenangkan ini sangat mendukung terjadinya proses pembelajaran yang interaktif dan mampu mendorong munculnya kreativitas peserta didik. Menurut Arifin dan Setiyawan (2012) keaktifan dalam proses pembelajaran itu dalam bentuk saling mengapresiasi peran antara guru dan peserta didik. Peran guru dalam pembelajaran aktif lebih banyak sebagai fasilitator.

Baca juga:   Mudah Pahami Membiasakan Akhlak Terpuji dengan Metode Pair Check

Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran Akidah akhlak adalah peserta didik kurang antusias dan masih pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran . Hal ini terbukti nilai rata-rata peserta didik di MAN 3 Sleman dalam penilaian harian materi Aliran Kalam hasilnya kurang memuaskan atau rendah. Hal ini kemungkinan disebabkan karena siswa kurang memahami tentang materi Aliran Kalam.

Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan melibatkan siswa adalah dengan menggunakan metode Market Place Activity (MPA). Market Place Activity adalah suatu pembelajaran yang lebih mengedepankan aktivitas dan kerjasama peserta didik dalam mencari, menjawab dan melaporkan informasi dari berbagai sumber dalam sebuah suasana permainan yang mengarah pada pacuan kelompok melalui aktivitas kerja tim dan kecepatannya. Metode ini memberikan pengalaman mengenai tentang macam-macam ketrampilan dalam penyampaian materi yang akan dijual atau disajikan ditambah belajar mandiri dan dibutuhkan pendengaran yang baik dalam menerima informasi dari penjual, menjawab pertanyaan dengan cepat, membedakan materi yang penting dan yang tidak. Kegiatan ini membantu peserta didik untuk membiasakan diri mendasarkan belajar pada sumber sesama teman langsung bukan pada guru (Syaiful Bakhri Djamarah, 2005).

Baca juga:   Media Interaktif Tingkatkan Belajar Ciri-Ciri Pubertas Remaja

Adapaun langkah-langkah dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Market Place Activity (MPA) adalah: pertama, membagi kelompok, setiap kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (Sub Pokok Bahasan), barang yang dijual harus menarik (bisa menggunakan mind map, peta konsep, foto dll). Kedua, setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian (penjual dan pembeli).Ketiga, pembeli berkunjung ke stan penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual. Keempat, pembeli mencatat dan menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada kelompok dan kepada penjual dikelompoknya. Kelima, pembeli dan penjual menilai mana kelompok terbaik saat kunjungan dan dikunjungi. Keenam, refleksi.

Dengan menggunakan metode Market Place Activity (MPA) peserta didik belajar bertanggungjawab untuk mencari informasi secara individual, belajar memberanikan diri mempromosikan hasil kajiannya dan belajar mendengarkan orang lain yang sedang bicara. (bw1/zal)

Guru Akidah Akhlak MAN 3 Sleman DIY

Author

Populer

Lainnya