Media Online sebagai Sarana Belajar Bahasa Inggris

Oleh: Yeti Nurfarida Halim, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Saat ini media sosial menjadi sarana aktif yang digunakan untuk keperluan belajar mengajar, khususnya dunia pendidikan pada saat pandemicseperti saat ini, Pada pembelajaran berbasis daring, secara otomatis membutuhkan media sebagai sarana dalam belajar mengajar. Para guru harus menggunakan media yang menarik sehingga siswa akan tertarik dengan proses pembelajaran di dalam kelas.

Media Online, seperti yang dikatakan Weller (2002), seharusnya dipandang sebagai teknologi edukasi yang sangat penting. Salah satu kelebihan dari penggunaan internet adalah untuk mempromosikan pembelajar aktif dimana siswa bukanlah penerima pasif dari ilmu pengetahuan.

Tujuan penggunaan media online harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran di dalam kelas. Media online dapat digunakan untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar dan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperkaya sumber daya dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Di samping itu juga media online juga mampu memberikan informasi-informasi terbaru sehingga pembelajaran selalu up to date dan tidak ketinggalan zaman. Brown (2007: 201) menjelaskan beberapa keuntungan dalam penggunaan media online di internet, diantaranya adalah memberi kesempatan bagi siswa untuk memperhatikan bentuk bahasa, sebagai alat penyedia modifikasi input, menyediakan berbagai sumber belajar seperti tersedianya sumber atau materi dan gaya belajar yang akan digunakan, untuk proyek kolaborasi, sebagai alat praktek multimodal seperti visual, audotori maupun tertulis, dan sebagai media yang menyenangkan.

Baca juga:   Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Teks Procedure dengan Snow Ball Throwing

Menurut Brown (2007:200), prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam menggunakan media online di internet, antara lain yaitu: (1) menggunakan teknologi untuk mendukung tujuan dalam pembelajaran di kelas. (2) mengevaluasi kesesuaian perangkat lunak dalam pengajaran (3) menciptakan lingkungan belajar yang membuat siswa memiliki konsep peningkatan pembelajaran melalui komputer. (4) membuat teknologi yang mampu diakses oleh semua siswa (5) menggunakan teknologi secara efektif, hal ini berarti siswa mampu belajar lebih cepat dengan menggunakan teknologi dari pada cara tradisional (6) menggunakan teknologi secara efisien.

Salah satu media online yang saya gunakan di SMP Negeri 2 Bawen mata pelajaran bahasa Inggris yaitu dengan mengefektifkan media online seperti Whatssapp Grup, Google Form dan Google Classroom. Langkah pertama yang saya gunakan dalam melaksanakan pembelajaran daring adalah dengan memberi beberapa arahan, petunjuk, dan perintah melalui wahtsapp grup. Kemudian melalui wahtsapp grup tersebut saya memberikan kode Google Classroom dan Link Google Form pada siswa.

Penggunaan media sosial ini dirasa sangat efektif karena sekitar 97% siswa mampu mengikuti pelajaran dengan baik pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Melalui media online siswa dapat terbiasa berbicara, mendengar, membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Dengan pembelajaran melalui media online, siswa diharapkan lebih antusias dan termotivasi untuk menghafalkan, memahami kosakata, serta menulis dalam bahasa Inggris. Dari beberapa pertemuan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang kurang lebih 7 bulan terlaksana dapat dirasakan bahwa melalui media online dirasa sangat efektif dalam menunjang sarana belajar mengajar khususnya mata pelajaran bahasa Inggris yang telah saya terapkan di SMP Negeri 2 Bawen. Harapan ke depan pembelajaran dengan media sosial dapat secara efektif diterapkan baik model pembelajaran daring maupun luring. (bw1/ton)

Baca juga:   Pembelajaran Bahasa Inggris Asyik dengan Fast and Fun

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Bawen

Author

Populer

Lainnya