Tugas Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi

spot_img

RADARASEMARANG.ID, Pembelajaran online memiliki beberapa dampak postif bagi siswa karena siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, ada permasalahan yang dapat mengganggu proses pembelajaran online yaitu siswa memiliki motivasi belajar yang kurang ketika menjalankan pembelajaran online.

Pada pembelajaran online peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan pemikirannya sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Oleh karena itu diperlukan pendorong untuk menggerakkan guru dan siswa agar semangat dalam proses belajar mengajar.

Penulis sebagai kepala sekolah SD Negeri 05 Cikadu Kecamatan Watukumpul berusaha memberikan motivasi kepada guru dan siswa pada pembelajaran online di masa pandemi melalui beberapa tindakan. Motivasi yang penulis berikan kepada guru dan siswa dalam pembelajaran online antara lain :

1) Meningkatkan kualitas guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam proses pembelajaran online, guru adalah faktor penentu keberhasilan pembelajaran online. Guru adalah faktor dominan dalam penentuan kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik, akan menghasilkan hasil belajar yang baik juga.

Baca juga:   Sumbangsih Medsos Menjadikan OSIS Eksis di Pemilos

2) Memilih metode pembelajaran yang tepat. Guru dituntut untuk dapat memilih metode belajar yang tepat untuk mengajar. Jika guru dapat memilih metode pembelajaran dengan tepat maka tujuan belajar akan tercapai dengan lebih mudah. Pemilihan metode belajar yang tepat juga akan meningkatkan motivasi belajar dan minat belajar siswa.

3) Memaksimalkan fasilitas pembelajaran. Pembelajaran online memerlukan fasilitas yang menunjang pembelajaran seperti internet, komputer atau gawai. Pihak sekolah diharapkan memberikan dukungan yang optimal untuk mendukung pembelajaran online yang dilaksanakan oleh para gurunya. seperti penggadaan sumber belajar, komputer yang tersambung dengan internet, dan alatalat yang mendukung kegiatan pembelajaran bagi para guru. Sarana prasarana tersebut digunakan untuk mencari pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber.

4). Memanfaatkan penggunaan media. Motivasi belajar siswa pada pembelajaran online dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan penggunaan media yang menarik, sehingga akan membuat siswa tertarik kepada pembelajaran. Dalam hal ini, guru bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung pembelajaran online. Contohnya, guru bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung proses pembelajaran, yaitu dalam proses penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dapat lebih mudah dimengerti dan lebih menarik. Media animasi yang digunakan dapat menggunakan powerpoint yang menarik, membuat bagan yang menarik, membuat poster, atau membuat animasi video.

Baca juga:   Meningkatkan Disiplin Guru Tugas Kepala Sekolah

5). Melakukan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pada pembelajaran online penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan evaluasi pada kembelajaran online maka dapat diketahui apakah pembelajaran dapat berjalan efektif atau tidak. Jika dirasa tidak efektif maka dapat melakukan modifikasi pada sistem pembelajaran yang sesuai dengan siswa.

Demikian motivasi tindakan kepala sekolah terhadap guru dan siswa agar pembelajaran online di masa pandemi dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan tercapainya tujuan pendidikan. Kepala sekolah berusaha melakukan evaluasi pembelajaran online yang dilakukan oleh guru dan siswa apakah benar–benar berjalan efektif atau tidak. (fbs2/ton)

Kepala Sekolah SDN 05 Cikadu Watukumpul, Pemalang

Author

Populer

Lainnya