Memorable Catchy Names Permudah Belajar Adjective

Oleh: Ana Rahmawati Ningsih, S.Pd., M.Pd.

spot_img

RADARASEMARANG.ID, DALAM kehidupan sehari-hari, kita selalu melakukan komunikasi. Baik komunikasi secara lisan atau tulis. Agar terjalin komunikasi yang baik antara pembicara dan pendengar, mereka sebaiknya menggunakan kalimat efektif. Misal, “Hari ini, aku membeli sekilo jeruk.” Hari ini sebagai keterangan waktu. Aku sebagai subjek kalimat. Membeli sebagai predikat, yang berupa kata kerja. Sekilo jeruk sebagai objek, yang berupa kata benda. Susunan kalimat bahasa Indonesia tersebut tidak berbeda dengan kalimat bahasa Inggris. Penggunaan kata kerja, kata benda, dan kata pembangun kalimat yang lain pada bahasa Inggris dinamakan part of speech. Part of speech meliputi beberapa jenis kata. Noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjuction, dan interjection.

Pada materi descriptive text kelas 7 semester 2, salah satu jenis part of speech yang digunakan adalah adjective (kata sifat). Pada pendiskripsian sebuah kalimat dalam descriptive text, siswa sebaiknya menggunakan compound adjective. Ini merupakan gabungan beberapa kata sifat yang dikombinasikan dalam sebuah frasa. Beberapa gabungan adjective yang dikombinasi dalam frasa harus urut. Urutannya adalah opinion, size, age, shape, color, origin, material, dan purpose. Kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran ini adalah penerapan compound adjective dalam kalimat. Siswa merasa kesulitan karena mereka harus menghafal urutan tersebut. Jika urutan terbalik, maka kalimat yang dihasilkan oleh siswa merupakan kalimat yang salah. Kendala yang lain, siswa harus mengingat kata-kata sifat yang dikategorikan dalam urutan compound adjective.

Baca juga:   Zoomed in Picture Game Permudah Belajar Describing a Person

Melchor Bernardo dalam artikelnya yang berjudul 30 Get to Know You Games for Kids menyatakan bahwa ada sebuah teknik permainan yang ia perkenalkan untuk menarik minat siswa dalam belajar adjective. Teknik permainan itu bernama Memorable Catchy Names. Dengan menggunakan teknik ini, siswa akan termotivasi dalam mempelajari adjective. Selain itu, mereka dapat menghafal dan menerapkan adjective pada kalimat descriptive dengan mudah.

Teknik permainan Memorable Catchy Names merupakan teknik permainan yang sederhana. Tanpa membutuhkan biaya dan tenaga yang besar untuk menjalankannya. Teknik ini dapat diterapkan di dalam maupun di luar ruang kelas.

Adapun langkah-langkah pembelajaran menggunakan teknik ini, pertama, guru meminta siswa untuk membentuk kelompok. Jumlah kelompok tergantung dengan jumlah keseluruhan siswa. Misal, seluruh siswa berjumlah 40, guru dapat membagi menjadi 4 kelompok. Kedua, guru meminta siswa pada setiap kelompok untuk berhadapan. Ketiga, guru menjelaskan materi pembelajaran tentang compound adjective. Pengkategorian dan urutan dalam adjective.

Keempat, guru meminta siswa untuk memilih satu adjective. Namun, huruf depan adjective harus disesuaikan dengan huruf depan nama siswa. Contoh, siswa bernama Ana. Huruf depan nama siswa tersebut adalah A. Maka, Ana dapat memilih huruf A pada depan huruf adjective. Misal, Atrractive. Jadi, Ana dapat menggabungkan namanya dengan nama adjective tersebut. Atrractive Ana.
Kelima, siswa dalam satu kelompok dapat menyebutkan nama masing-masing dan ditambah dengan satu adjective di depan nama mereka. Keenam, setelah kelompok siswa dapat menyebutkan adjective sebanyak-banyaknya, siswa dapat mengkategorikan adjective tersebut. Ketujuh, setelah mereka selesai mengkategorikan, mereka dapat menyusunnya dalam kalimat-kalimat descriptive. Kedelapan, guru dapat mengevaluasi pekerjaan masing-masing kelompok siswa.

Baca juga:   Belajar Kosakata Bahasa Inggris melalui Game Online

Teknik permainan ini telah diterapkan pada siswa kelas 7 semester 2 di SMP Negeri 3 Patebon. Dengan menerapkan teknik ini, penilaian lisan maupun tulis pada materi descriptive text meningkat. Siswa dapat menghafal dan menerapkan adjective ke dalam kalimat dengan mudah. Seperti yang diterapkan di SMPN 3 Patebon, Kabupaten Kendal. (fbs1/zal)

Guru SMPN 3 Patebon, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya