Belajar Senyawa Hidokarbon Menyenangkan dengan Mind Map

Oleh : Lily Supriyati S.Pd

spot_img

RADARASEMARANG.ID, MIND map adalah suatu teknik grafis yang memungkinkan seseorang mengeksplorasi seluruh kemampuan otak untuk keperluan berpikir dan belajar (Sutanto Windura, 2016:16). Dalam mind map selalu melibatkan kedua belah otak. Mind map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi keluar dari otak, cara mencatat yang kreatif dan efektif (Tony Buzan, 2008:4).

Semua kata dalam mind map adalah kata tunggal yang merupakan kata kunci yang dapat mewakili sebuah kalimat. Otak tidak perlu mengingat kalimat panjang yang tidak disukai otak yang membuat motivasi belajar menurun. Dalam mind map terdapat gambar-gambar yang menyebabkan otak kanan lebih aktif dan menyeimbangkan diri dengan beban otak kiri dan akan menciptakan kondisi terbaik untuk belajar dan berkonsentrasi (Sutanto Windura, 2016:21). Mind map mengharuskan anak memakai bermacam warna yang disukai otak kanan dan kedua otak pun terlibat.

Materi hidrokarbon di SMK Negeri 1 Kaligondang dipelajari di kelas X semester 2. Materi hidrokarbon sebenarnya materi mudah. Hanya saja materinya luas yang membuat sebagian besar siswa menganggapnya sulit sehingga nilai UH-nya kecil. Dengan gambar mind map materi hidrokarbon yang hanya satu lembar, siswa dapat melihat keseluruhan dari isi bab tersebut. Siswa juga lebih mudah mencari informasi. Jika ingin membedah materi penggolongan hirdokarbon tinggal menuju ke cabang mind map yang membahas tentang itu. Siswa mudah berpindah-pindah dari suatu bagian materi pelajaran ke bagian lain tanpa kehilangan pemahamannya. Misalnya dari bagian penggolongan ke bagian tata nama hidrokarbon.

Baca juga:   Belajar Kimia dengan Menggunakan Jembatan Keledai

Langkah pertama, mengambil kertas kosong dan beberapa pena warna, posisi kertas dibuat mendatar. Di tengah kertas membuat sebuah gambar yang menggambarkan hidrokarbon sebagai pusat mind map. Kedua, menggambar beberapa cabang utama yang dibuat tebal keluar dari gambar sentral sebagai kata kunci dan diberi warna yang berbeda. Cabang-cabang ini mewakili pikiran-pikiran utama tentang hidrokarbon yaitu pengertian, keistimewaan, jenis ikatan, kedudukan, penggolongan, tata nama, kegunaan dan sifat hidrokarbon. Ketiga, melihat kembali kata kunci apakah sudah menimbulkan ide selanjutnya. Menggambar cabang lanjutan yang memancar dari setiap kunci, gunakan kata kunci pada cabang untuk untuk memicu pada cabang berikutnya. Misalnya penggolongan bisa dibuat cabang berdasar bentuk rantai dan jenis ikatan. Bentuk rantai (terbuka dan tertutup), terbuka (alifatik) dan tertutup (alisiklik dan aromatik). Jenis ikatan untuk membuat cabang jenuh dan tak jenuh, jenuh (alkana) dan tak jenuh (alkena dan alkuna). Kata kunci lainnya pada cabang utama bisa dibuat dengan cara yang sama. Akan lebih menarik jika di cabang tertentu disisipi gambar yang beraneka warna. Semakin jauh dari pusat mind map garisnya semakin tipis. Ini menyenangkan, yang dirasakan anak adalah bukan belajar tapi seperti bermain sambil menggambar.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Elektrokimia Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Inkuiri

Pembelajaran dengan menggunakan mind map dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia hidrokarbon. Penggunaan mind map hendaknya dilakukan dengan penggunaan model-model pembelajaran lain yang cocok, sehingga siswa tidak terpaksa, lebih aktif dan antusias dalam belajar. Kelebihan mind map tidak hanya meringkas materi, tapi mengolah pola pikir siswa. Mind map dapat dijadikan solusi supaya belajar hidrokarbon bisa menyenangkan dan prestasi belajar meningkat. (btj2.1/ida)

Guru Kimia SMKN 1 Kaligondang, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga

Author

Populer

Lainnya