Sukses Belajar tentang Ragam Budaya melalui Google Form

Oleh : Sutriyah, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sejak akhir Maret 2020 pembelajaran di Indonesia mengalami ketidakstabilan yang mendalam. Pembelajaran tatap muka hanya dapat dilakukan di daerah zona hijau atau kuning. Pembelajaran di kelas 4 SDN Lebo 01 Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang juga mengalami hal tersebut.

Dengan mengamati keadaan lingkungan sekitar, maka penulis berusaha meningkatkan kemampuan diri untuk berusaha menguasai IT. Selama pendemi Covid-19 ini penulis membiasakan diri untuk menyampaikan materi,melakukan penilaian melalui berbagai aplikasi seperti Quizziz, Kahot, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Filmora penulis coba. Untuk melakukan penilaian tentang bentuk keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya, penulis memfokuskan untuk menerapkan aplikasi Google Form.

Pengertian Google Form menurut Larry Page dan Sergey Brin (mahasiswa pascasarjana doktoral) Stanford University, California, Amerika Serikat adalah satu bagian dari fitur-fitur Google yang dapat diakses melalui browser secara gratis. Fitur ini dapat mengumpulkan informasi dari banyak responden untuk berbagai kebutuhan.

Fungsi dan kegunaan Google Form yaitu bahwa info yang masuk melalui Google Form kemudian akan disimpan di spread sheet secara otomatis. Selain menyimpan, data pada spread sheet juga dapat diedit sebelum diolah lebih lanjut atau dikirimkan kepada penerima. Kini, teknologi telah memudahkan semuanya. Kita tinggal membagikan sebuah link dari Google Form yang telah kita buat. Lalu siswa mengerjakan tugas dari kita secara online. Dengan petunjuk yang jelas, pasti siswa dapat melakukan pengisian soal penilaian yang ada pada link dengan baik. Google Form mampu menyimpan data dalam Google Drive secara otomatis. Data bisa dipastikan tidak akan hilang atau rusak.

Baca juga:   Menyenangkan Belajar Tematik dengan Alat Peraga 2D

Langkah pembuatan Google Form yaitu : pertama, kita buka akun Google. Kita harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Kedua kita buka situs Google Form dengan cara buka https://docs.google.com/forms. Lihat berbagai tamplate contoh Google Form dan contoh kuesioner Google Form yang sudah tersedia seperti tamplate informasi kontak, konfirmasi kehadiran acara, undangan pesta dan sebagainya. Ketiga buat form, kita klik langsung di template yang ada. Kita buat form sendiri dengan klik “blank”. Tulis deskripsi survei pada kolom Form Description.
Penulis merasa paling cocok menggunakan soal jenis pilihan ganda saja. Karena kalau soal jawab singkat atau uraian, sulit untuk menentukan kunci jawaban yang sama persis dengan jawaban responden atau siswa.

Kita dapat menambahkan foto dan video pada soal yang kita susun agar lebih menarik. Untuk membuat sebuah pertanyaan yang wajib dijawab, kita harus klik tombol “required” yang tersedia disetiap pertanyaan. Lalu klik tombol ”send” di pojok kanan atas. Bagikan link Google Form ke siswa dalam group.

Baca juga:   Menanamkan Kebiasaan Menulis Siswa SD di Masa Pandemi

Dengan aplikasi Google Form dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 4 dalam menguasai materi pembelajaran tentang berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. Maka aplikasi Google Form dapat diterapkan dan digunakan di sekolah terutama dalam pelaksanaan penilaian. (bp2/lis)

Guru SDN Lebo 01 Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya