Asyiknya Belajar Turunan Fungsi dengan “Komodo”

Oleh: Isdad Fuadi Sakbana, S.Si.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Tahun 2020 dunia internasional mendapat pukulan telak dengan adanya pandemi Covid-19. Hampir semua sektor menjadi lumpuh, termasuk sektor pendidikan yang mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah secara daring (dalam jaringan) atau online. Berbagai permasalahan muncul sebagai konsekuensi pembelajaran dari rumah, di antaranya adalah media pembelajaran yang digunakan, rendahnya minat belajar siswa, tidak adanya kontrol pembelajaran, serta permasalahan lainnya. Termasuk yang dialami oleh guru dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwuni dalam belajar Matematika pada materi Turunan Fungsi.

Dengan segala permasalahan yang muncul tersebut, guru dituntut untuk tetap memberikan pembelajaran kepada siswa dengan segala keterbatasan. Untuk itulah muncul ide-ide mengenai kegiatan pembelajaran secara online dengan Komodo atau Kelas Online Edmodo.

Edmodo merupakan jejaring sosial untuk pembelajaran berbasis Learning Managent System (LMS). Pada intinya edmodo menyediakan semua yang bisa dilakukan oleh guru di dalam kelas bersama siswa dalam kegiatan pembelajaran ditambah fasilitas bagi orang tua, di mana orang tua dapat memantau semua aktifitas anaknya di kelas edmodo. Selain itu, edmodo dapat diakses melalui smartphone (HP) dan sudah tersedia untuk platform Android dan iPhone, sehingga lebih memudahkan bagi siswa untuk mengaksesnya. Edmodo juga sangat ringan ketika diakses, sehingga dari segi bandwith internet lebih murah.

Baca juga:   Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui Lidi

Desain pembelajaran Matematika kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kedungwuni selama siswa belajar dari rumah menggunakan kelas online edmodo adalah sebagai berikut: 1) Guru membuat kelas-kelas pada aplikasi edmodo sesuai dengan kelas yang ada. 2) Guru berkoordinasi dengan siswa agar login pada aplikasi edmodo kemudian bergabung sesuai dengan kelasnya masing-masing. 3) Guru membuat materi pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan pada pertemuan tersebut. Cara membuat materinya dengan menggunakan menu library pada edmodo. Library ini fungsinya hampir sama dengan perpustakaan sekolah. Guru juga dapat melampirkan file materi dalam bentuk ppt (powerpoint), word, video pembelajaran, ataupun tautan dari website dan tautan video dari Youtube.

4) Setelah guru memberikan materi pembelajaran, guru dapat memberikan penugasan untuk siswa melalui menu assignment. Melalui menu ini guru dapat memberikan tugas pada siswa dengan batasan waktu pengumpulan tugas, bahkan memberi penilaian pada tugas tersebut. 5) Setelah dirasa materinya telah selesai, guru dapat mengadakan penilaian dengan menggunakan menu grade.

Baca juga:   Pahami Makna Proklamasi Kemerdekaan dengan Metode Role Playing

Pada aplikasi edmodo yang digunakan oleh siswa, setelah siswa bergabung sesuai kelasnya masing-masing akan mendapatkan notifikasi setiap guru memberikan materi, penugasan, dan penilaian. Kehadiran siswa pada kegiatan pembelajaran juga dapat terpantau ketika siswa mengakses materi-materi yang telah diberikan oleh guru. Untuk tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh siswa juga dapat dipantau oleh guru. Untuk siswa yang belum mengumpulkan tugas, akan mendapat notifikasi belum mengumpulkan tugas, sedangkan siswa yang telah mengumpulkan tugas dan telah dikoreksi oleh guru juga akan mendapat notifikasi nilai dari tugasnya. Orang tua/wali dari siswa juga dapat memantau aktivitas dari anaknya dengan cara bergabung sebagai orang tua di kelas yang sesuai dengan anaknya.

Dengan adanya kelas online edmodo pada pembelajaran dari rumah untuk materi Turunan Fungsi ternyata sangat memudahkan bagi guru dalam mengelola kelas. Dari pandangan siswa, memudahkan siswa untuk belajar, serta bagi orang tua dapat melakukan kontrol bagi pembelajaran anaknya. (ips2.2/aro)

Guru Matematika SMA Negeri 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya