Metode Demonstrasi Tumbuhkan Antusiasme dan Tingkatkan Hasil Belajar

Oleh : Sudarmi S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, TINGKATKAN hasil belajar mata pelajaran IPA Terpadu, perlu menerapkan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar maksimal. Usaha ini dilakukan dengan mempelajari, menguasai, menerapkan pendekatan-pendekatan dalam buku literature tentang pendekatan metodologi pembelajaran.

IPA Terpadu merupakan pelajaran yang dekat dengan kehidupan sehari-hari yang penting untuk dipelajari dan dikuasai. Pembelajaran IPA Terpadu SMA pertama sangat urgent dikemas dalam proses pembelajaran yang menarik. Penyampaian materi pelajaran tidak hanya dengan satu model pembelajaran, guru diharapkan menggunakan variasi berbagai model pembelajaran.

IPA adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang alam sekitar beserta isinya yakni semua benda yang ada di dalam, peristiwa dan gejala-gejala yang muncul di alam. Materi pelajaran IPA memiliki hubungan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan pada sekolah dasar (SD). Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara sistematis. Pendidikan IPA diarahkan untuk menemukan dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

Baca juga:   Penggunaan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA

IPA diperlukan proses pembelajaran yang relevan dengan kehidupan siswa karena pada dasarnya IPA merupakan mata pelajaran yang dekat dengan kehidupan. Metode demonstrasi dapat digunakan untuk memberikan ilustrasi dalam menjelaskan informasi kepada anak. Melalui metode ini, kegiatan pembelajaran lebih menarik karena siswa melihat langsung bagaimana suatu proses berlangsung. Selanjutnya metode demonstrasi dapat membantu meningkatkan daya pemahaman anak. Mendemonstrasikan proses pembelajaran akan memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan pembelajaran menjadi bermakna. Metode ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya sehingga konsep-konsep yang mereka pelajari akan tertanam dengan baik di benak mereka. Pembelajaran IPA dikatakan berhasil apabila semua tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai, yang terungkap dalam hasil belajar IPA. Metode demonstrasi mengajar dengan cara memperagakan benda, kejadian, dan urutan melakukan suatu kejadian, baik secara langsung maupun melalui media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang disajikan. Metode demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk memperlihatkan suatu proses atau cara kerja suatu benda yang berkenaan dengan bahan pelajaran.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Materi Cermin dengan Media Papan Dart

Metode demonstrasi merupakan proses belajar dengan cara praktik menggunakan alat peraga dengan tujuan agar semua siswa lebih mudah memahami dan mempraktikkan yang telah diperolehnya. Keahlian mendemonstrasikan juga harus dimiliki oleh guru atau pelatih. Metode pembelajaran demonstrasi tepat dilakukan pada kegiatan pembelajaran yang bersifat formal, magang, latihan kerja, atau materi pembelajaran berbentuk keterampilan gerak. Dengan metode demonstrasi siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran bahkan sangat antusias mencoba memperagakan, sehingga siswa lebih cepat memahami materi yang diajarkan. (fbs1/ida)

Guru IPA SMPN 1 Kaliwungu, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya