Laser Meningkatkan Skill Bermain Sepak Bola

Oleh : Herry Rachmanto, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN Jasmani Olahraga Kesehatan atau yang lebih dikenal dengan Penjas Orkes merupakan salah satu mata pelajaran formal yang telah diberikan mulai dari sekolah.
Peranan Penjas Orkes sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain dan olahraga yang dilakukan secara sistematis.

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat. Tidak hanya Indonesia saja, tetapi bahkan dunia. Sudah banyak diketahui jika olahraga sepak bola ini juga membutuhkan kecepatan untuk dapat dilakukan dengan baik dan memenangkan pertandingan.

Olahraga sepak bola dilaksanakan pada suatu lapangan yang ukurannya sangat luas. Ukuran lapangan sepak bola ini memang tidak umum untuk dikelilingi secara keseluruhan. Tetapi seorang pemain sepak bola harus dapat bertanggung jawab dengan posisinya masing-masing. Misalnya pemain tersebut berada di posisi bertahan, maka dia harus cukup kuat dan cukup cepat untuk membendung serangan-serangan dari lawan.

Kecepatan dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan kegiatan atau aktivitas sehari-hari, apalagi jika seorang olahragawan. Pengertian kecepatan sendiri adalah kemampuan untuk menggerakkan tubuh dari satu posisi ke posisi lain dalam waktu yang relative singkat dan cepat. Kecepatan dapat dihitung dengan mengetahui selisih waktu antara waktu kapan tugas gerak akan dimulai dan waktu kapan tugas gerak akan berakhir.Melatih kecepatan gerak dari seluruh bagian tubuh dengan beberapa macam latihan. Sebelum memulai latihan kecepatan, sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Baca juga:   Pembelajaran Lari Jarak Pendek dengan Permainan Lari Bola Keranjang

Laser di sini adalah Lari Sprint Berulang yang dapat menjadi pilihan alternatif untuk menambah kecepatan dalam berlari. Lari sprint merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan olahraga lari dengan kecepatan tinggi pada jarak dekat, tetapi kecepatan pada sprint ini perlu di ingat. Kecepatan lari sprint adalah lebih tinggi dari lari biasa dan lebih rendah dari kemampuan lari maksimal. Jadi untuk melakukan lari sprint ini , harus mengetahui bagaimana kondisi fisik dan kemampuan kita. Ada baiknya untuk mencatat rekor waktu ketika melakukan latihan kecepatan dengan menggunakan lari sprint.

Rekor yang dicatat tersebut dapat menjadi perbandingan sebagai acuan untuk meningkatkan kecepatan lari. Lakukan latihan ini maksimal dua kali seminggu dan lihat bagaimana perubahan rekor lari sprint .Manfaat lari jarak pendek atau lari sprint berulang adalah baik untuk kardiovaskular,membakar lemak,membangun otot,meningkatkan metabolisme,percepat pertumbuhan dan menurunkan stres.
Lari Sprint Berulang sangat digemari anak-anak, khususnya siswa siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Lari Sprint Berulang ini dilakukan dengan gembira sehingga mempunyai daya tarik bagi para penonton untuk mengikutinya, karena Lari Sprint Berulang ini sangat sederhana dan dapat juga dilaksanakan di sela-sela waktu istirahat.

Baca juga:   Pembelajaran Inklusi Tingkatkan Kompetensi Gerak Spesifik Smash Bola Voli

Latihan kecepatan dapat membuat tubuh menjadi lebih gesit karena latihan tersebut mengasah tubuh anak untuk bergerak dari satu posisi ke posisi lainnya dengan waktu yang cepat dan singkat. Selain gesit, tubuh anak pun akan menjadi lebih lincah dan mudah untuk berpindah posisi tanpa menimbulkan beban atau keluhan dari tubuh. Untuk meningkatkan kecepatan yang maksimal dibutuhkan latihan secara intensif. Latihan dalam bentuk Lari Sprint Berulang seperti ini berpengaruh sekali dalam peningkatan ketrampilan bermain sepak bola.

Makanya penulis sengaja memfasilitasi alat alat untuk berlatih lari sprint ini di halaman sekolahan dengan berbagai macam jenis , agar anak-anak tidak jenuh dalam latihan
Para siswa berlatih lari sprint berulang mengikuti aturan-aturan yang mereka sepakati bersama. Secara tidak langsung anak menggerakkan tubuh dari satu posisi ke posisi lain dalam waktu yang relative singkat dan cepat sehingga kecepatan juga otomatis meningkat.

Dibuktikan dengan keterangan di atas bahwa lari sprint berulang sangat baik untuk melatih kecepatan anak, sehingga sangat berpengaruh dalam meningkatkan ketrampilan bermain sepak bola. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat, sesuai dengan indikator pencapaian pada kompetensi dasar itu, bahkan bisa melebihi dari target yang diharapkan. Seperti yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. (fbs2/zal)

Guru Olahraga SMP Muhammadiyah 10 Surakarta

Author

Populer

Lainnya