Asyiknya Belajar Administrasi Transaksi dengan Aplikasi Ketoko

Oleh: Anika Purwantiningsih, SE

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN di bangku sekolah terasa belum lengkap jika tidak melakukan praktek di dunia nyata. Hal ini juga yang membuat siswa SMK melakukan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan di dunia usaha. Di era pasar bebas saat ini siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) membutuhkan lebih banyak praktik ketimbang teori, jika tidak setelah lulus mereka akan mengalami kesulitan untuk memenuhi tuntutan pasar kerja akibat terbatasnya kemampuan mereka. Menurut Muhajir Effendi pada 7 Oktober 2019 “Siswa (SMK) disamping dapat ijazah yang lebih penting dia dapat sertifikat kemahiran yang berstandart nasional (BNSP) dan internasional sesuai bidangnya.”

Administrasi transaksi adalah salah satu mata pelajaran produktif di jurusan Bisnis Daring Pemasaran di SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga yang membutuhkan kesempatan praktek di laboratorium pemasaran dengan cash register dan mesin POS. Administrasi transaksi adalah kegiatan untuk mencatat perubahan-perubahan posisi keuangan sebuah perusahaan yang dilakukan secara kronologis, dengan metode tertentu sehingga hasil pencatatan dapat dikomunikasikan kepada pihak lain. Tujuan belajar administrasi adalah pertama agar seorang pengusaha bisa memonitoring suatu kegiatan administrasi di sebuah perusahaan, kedua agar pengelola usaha bisa mengevaluasi kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan, ketiga agar seorang pengelola usaha bisa menyusun suatu program pengembangan usaha dan suatu kegiatan pengorganisasian, dan keempat agar seorang pengelola usaha bisa mengamankan suatu kegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaan. (www.pustakamadani.com/2019/09/pengertian-administrasi-transaksi-dan.html)

Baca juga:   Role Playing Berbantu Aplikasi Zoom Cloud Meetings Tingkatkan Hasil Belajar Administrasi Humas dan Keprotokolan

Di masa pandemic covid-19 saat ini siswa SMK terhalang tidak bisa praktek di lab, aplikasi ketoko memudahkan siswa mempraktekkan teori yang sudah diperoleh tentang administrasi transaksi, aplikasi ini sangat praktis dan mengasyikkan karena siswa praktek dengan hp-nya sendiri, dan bisa juga digunakan ketika siswa berjualan online, semua transaksi pembelian dan penjualan bisa tercatat dengan rapi dan sistematis sekaligus bisa praktek membuat nota konsumen yang dapat didesain format nota sesuai ukuran kertas atau bahkan bisa kirim nota ke nomor WA pelanggan.

Dengan menggunakan Ketoko siswa bisa praktik melakukan administrasi transaksi dari penjualan online dari banyak pelanggan tanpa harus mencatat manual di buku-buku administrasi karena ada fasilitas pembukuan seperti kas masuk, kas keluar, kas transfer, daftar jurnal, buku besar, deposit pelanggan, deposit supplier, dan deposit saldo. Sedangkan di menu laporan akan didapati laporan yang berupa laporan master, laporan pembelian, laporan penjualan, laporan hutang, laporan piutang, laporan persediaan, daftar perkiraan, laporan kas, laba jual, data jurnal, buku besar, dan Keuangan. Menarik bukan, tanpa repot membuat laporan administrasi sudah disediakan oleh aplikasi ketoko.

Baca juga:   Pembatasan Penggunaan Gadget dalam Pembelajaran Tata Boga

Keunggulan program aplikasi KETOKO yang lain diantaranya bisa diakses kapan saja dan dimana saja, online 24 jam tidak terbatas sesuai jam nyala server, bisa diakses dari android, iOS dan Windows, tidak perlu repot aktivasi atau beli serial baru jika PC rusak/instal ulang, bisa kirim nota melalui Whatsapp ke pelanggan, bisa cetak/print struk kasir melalui android dengan printer bluetooth atau printer usb, bisa share info item sehingga terlihat katalog online seperti Tokopedia, pelanggan dapat melakukan transaksi online dan masih banyak lagi kemudahan yang bisa diakses dari aplikasi Ketoko ini.

Dengan penggunaan aplikasi Ketoko ini diharapakan siswa SMK bisa meningkat kemampuannya dalam mempraktikkan administrasi transaksi di dunia usaha yang semakin kompetitif dengan memanfaatkan informasi teknologi agar ide SMK lebih banyak praktek daripada teori bisa maksimal dan berdaya guna. (fbs2/zal)

Guru SMKN 1 Rembang Purbalingga.

Author

Populer

Lainnya