Asah Kemampuan Belajar Alat Pencernaan Manusia dengan Scramble

Oleh: Sudarni, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, IPA merupaka salah satu mata pelajaran yang kompleks. Karena di dalamnya mempelajari makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Makhluk hidup mencakup manusia, hewan, dan tumbuhan. Semua mkahluk hidup memerlukan makanan yang di atur oleh suatu sistem pencernaan baik pada manusia dan hewan, sedangkan pada tumbuhan menggunakan sistem pengangkutan. Sistem pencernaan mempelajari organ-organ dalam tubuh manusia, yang pada umumnya sulit dimengerti oleh siswa, tanpa menggunakan bantuan alat peraga maupun model pembelajaran yang sesuai untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap konsep tersebut. Untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan mencapai tujuan pembelajaran alat pencernaan manusia, maka guru menggunakan salah satu metode pembelajaran yaitu Scramble.

Alat pencernaan manusia mencakup mulut yang di dalamnya terdapat gigi, lidah dan kelenjar ludah. Kerongkongan, pada kerongkongan terdapat tekak sebagai persimpangan antara saluran pencernaan dan saluran pernafasan. Pada kerongkongan terdapat gerak peristaltik, sehingga makanan dapat masuk ke lambung. Lambung, terdiri dari 3 bagian yaitu kardiak, fundus dan pilorus.di lambung menghasilkan 3 enzim, yaitu enzim asam lambung, pepsin dan renin. Usus halus, berfungsi untuk menyerap sari makanan, usus halus terdiri dari usus 12 jari / duodenum, usus kosong dan usus penyerapan. Usus besar, berfungsi untuk mengatur kadar air, membantu membusukan makanan. Usus besar mempunyai 3 bagian yaitu usus besar naik, mendatar dan turun. Anus, berfungsi untuk alat defekasi. Anus berfungsi untuk alat pengeluaran terbentuk dari 2 otot, yaitu otot polos terdapat pada bagian dalam dan otot lurik dibagian dalam.

Baca juga:   Menguatkan Kaos Berbasis Proyek melalui Pembelajaran PPKn

Metode Scramble merupakan metode pembelajaran yang mengajak siswa menemukan jawaban dan menyelesaikan permasalah yang ada dengan cara mencocokan kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang telah disediakan sesuai dengan soal. Menurut Patty ada macam – macam Metode Scramble, antara lain, Scremble kata,yaitu permainan menyusun kata – kata yang dikacaukan letaknya sehingga membentuk suatu kata tertentu yang bermakna.

Scremble kalimat, yaitu sebuah permainan menyusun kalimat dari kata – kata acak. Bentuk kalimat hendaknya logis, bermakna, tepat dan benar. Scremble wacana, yaitu sebuah permainan menyusun wacavna logis berdasarkan kalimat – kalimat acak.Hasil susunan vacana hendaknya logis dan bermakna. Scremble dapat dipakai untuk jenis permainan anak-anak guna melatih pengembangan dan peningkatan wawasan pemikiran kosakata.

Berikut langkah – langkah Metode Scramble : pertama persiapan, pada tahap ini guru menyiapkan bahan dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Media yang digunakan berupa kartu soal dan kartu jawaban, yang sebelumnya jawaban telah diacak sedemikian rupa sesuai dengan indikator pembelajaran. Kedua kegiatan inti, kegiatan dalam tahap ini adalah masing – masing kelompok melakukan diskusi untuk mengerjakan soal dan mencari kartu soal untuk jawaban yang cocok. Ketiga tindak lanjut, tergantung dari hasil belajar siswa. Kegiatan tindak lanjut antara lain pengayaan dan remidial.

Baca juga:   Mengefektifkan Belajar Materi Pewarisan Sifat dengan Resitasi

Dengan menerapkan Metode Scramble pada materi sistem pencernaan manusia dapat mengasah pemahaman siswa, lebih kreatif dalam belajar menggunakan dan menerapkan metode tersebut. Meskipun Metode Scramble ini baru dapat diterapkan melalui WA, karena belum bisa adanya tatap muka di sekolah, tetapi antusias siswa untuk menggunakannya sangat positif. Metode Scramble juga dapat diterapkan dalam materi yang lainnya. (fbs2/zal)

Guru SMPN 1 Keses, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya