Keterampilan Menulis Puisi Imajinatif Berbantuan Media Musik Instrumental

Oleh : Kun Purwani SR

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menulis memang suatu kegiatan yang gampang-gampang susah. Dikatakan gampang apabila seseorang terbiasa melakukannya. Hal ini karena menulis merupakan suatu keterampilan yang dapat diperoleh melalui belajar secara rutin dan teratur.

Dalam kurikulum, materi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia terdiri atas dua jenis keterampilan, yaitu keterampilan berbahasa dan keterampilan bersastra. Keterampilan berbahasa memiliki empat komponen yang saling mempengaruhi. Aspek keterampilan bersastra masing-masing juga terbagi atas subaspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis (Depdiknas: 2004).

Kegiatan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Realitanya menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa masih rendah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang belum memperoleh nilai sesuai batas tuntas. Rendahnya kemampuan menulis puisi disebabkan beberapa hal, yaitu kurangnya minat siswa untuk belajar sastra menyebabkan siswa menjadi malas menulis, bosan, jenuh, dan tidak bersemangat mengikuti pembelajaran. Siswa beranggapan bahwa menulis puisi merupakan keterampilan yang sulit dilakukan, terlebih siswa bingung harus menulis apa untuk mengawali tulisan mereka. Teknik mengajar dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran masih tradisional, monoton, dan kurang inovatif.

Berdasarkan hal tersebut, guru sebagai motivator dan fasilitator harus berusaha menarik minat siswa agar lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran menulis. Untuk menciptakan suasana pembelajaran tersebut, perlu menggunaan teknik yang mampu membuat siswa lebih aktif dan produktif. Karena penggunaan teknik pembelajaran sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa, sehingga mampu meningkatkan kualitas menulis. Melihat kondisi tersebut, guru tergerak menggunakan teknik imajinasi. Pembelajaran menulis puisi dengan teknik imajinasi diharapkan dapat mengarahkan siswa menjadi terampil dalam menulis puisi khususnya dalam menemukan ide atau gagasan.

Baca juga:   Tingkatkan Keterampilan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu dengan Demonstrasi

Sebanyak 101 cara atau teknik belajar siswa aktif diperkenalkan oleh Melvin L. Silberman dalam bukunya Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif edisi revisi tahun 2012. Salah satunya adalah teknik imajinasi yang melibatkan siswa sejak awal pembelajaran untuk melakukan relaksasi dan latihan pengimajinasian, membersihkan pikiran-pikiran yang ada sekarang dari benak siswa agar lebih berkonsentrasi.

Dalam penerapannya, pembelajaran menulis puisi memerlukan teknik dan media yang dapat mendukung penyampaian materi serta motivasi siswa dalam pembelajaran. Media pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya (Sudjana dan Rivai 2005:2). Penggunaan media, dapat disesuaikan dengan ruang lingkup kehidupan siswa sehari-hari. Misalnya musik instrumental yang dapat diperoleh dengan mudah dan tergolong praktis. Media instrumental diharapkan mampu mengurangi kejenuhan dan memperoleh kesegaran pikiran siswa selama proses pembelajaran.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:305) instrumental merupakan lagu yang dibawakan dengan memakai alat-alat musik dan tidak dinyanyikan. Dari beberapa pengertian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa musik instrumental adalah rangkaian nada-nada dari suara yang disusun sedemikian rupa dan dikombinasikan dari berbagai sumber suara yang diambil dari satu alat musik atau lebih tanpa ada vokal. Musik instrumental juga melibatkan hati, jiwa, dan pikiran baik para pendengar atau pemain musik itu sendiri.

Baca juga:   Puisi Transformasi di Masa Pandemi

Dengan menggunakan teknik imajinasi yang dipadukan dengan media instrumental diharapkan dapat merangsang siswa untuk menemukan ide atau gagasan yang didengarnya. Hal tersebut akan mempermudah siswa untuk mencurahkan ide kreatifnya dalam menulis puisi, hal ini sesuai dengan tujuan penerapan teknik imajinasi. Penggunaan teknik imajinasi melalui media instrumental akan memberikan gambaran yang mudah bagi siswa untuk menulis puisi tanpa berpikir lama. (bw1/lis)

Guru SMPN 16 Semarang

Author

Populer

Lainnya