Efektivitas Lagu sebagai Media Pembelajaran Imperative Sentences melalui Song Base Learning

Oleh : Inike Kusumawati

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam mempelajari pelajaran bahasa Inggris di SMP sering kali kita menemui banyak kendala. Hal ini sangatlah wajar mengingat bahasa Inggris adalah second language bukan bahasa kita sehari-hari. Penguasaan materi pelajaran bahasa Inggris di jenjang SMP meliputi empat keterampilan berbahasa, yaitu: reading, speaking, listening dan writing. Semua didukung oleh unsur-unsur bahasa lainnya, yaitu vocabulary, tenses dan pronunciation.

Kesulitan pembelajaran dalam bahasa Inggris yang sering kita jumpai adalah peserta didik banyak yang tidak mengetahui arti kata atau vocabulary dan pengaturan kata dalam bahasa Inggris. Sehingga pelajaran bahasa Inggris menjadi momok bagi mereka. Permasalahan tersebut juga terjadi pada peserta didik di SMP Negeri 2 Wonopringgo. Untuk mengatasi masalah ini penulis menggunakan metode song base learning.

Pembelajaran song base learning bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Dalam proses pembelajaran digunakan metode pembelajaran song base learning untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa khususnya kemampuan listening dan speaking.

Salah satu pembelajaran yang menawarkan suasana bermain adalah songs base learning atau pembelajaran yang menggunakan lirik-lirik lagu yang menyenangkan.

Hal ini didasari pandangan Sypley yang berpendapat music helps children develop cognitive skills, as well as enhances language skills, by singing song, children learn language appreciation, vocabulary and rhyme (Shipley, 1998), yang berarti musik membantu kemampuan kognitif siswa disamping peningkatan kemampuan berbahasa, selain itu mereka belajar mengapresiasi bahasa, kosakata serta kalimat kalimat sederhana.

Baca juga:   Mengajar Vocabulary Menggunakan Lagu Berbahasa Inggris

Ketika proses belajar mengajar dilaksanakan dengan menggunakan musik yang berbahasa Inggris, kecakapan yang pertama yang dipelajari adalah mendengarkan atau listening, sebagai perkenalan dari keempat kecakapan yang harus dimiliki (listening, reading, writing, dan speaking) (Griffe, 1992).

Adapun langkah-langkah media songs base learning pada pembelajaran imperative sentences adalah sebagai berikut : guru mempersiapkan dan memilih lagu yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik dan peserta didik dipersilakan menyiapkan lembar kertas guna menuliskan berapa banyak kosakata yang dapat mereka tangkap dari mendengarkan lagu tersebut.

Guru memutarkan lagu sesuai kemampuan siswa, guru meminta peserta didik untuk menuliskan kata atau kalimat yang sudah mereka dapatkan di papan tulis. Guru mengucapkan kata atau kalimat yang sudah dituliskan dipapan tulis dan peserta didik menirukan dengan lafal serta pronounciation yang benar.

Guru meminta peserta didik menuliskan kata atau kalimat yang sudah mereka temukan ke dalam buku catatan masing- masing. Guru membagikan lembar lirik lagu sesuai materi dan siswa dipersilakan menggarisbawahi kata atau kalimat imperative sentences dalam lagu tersebut.

Baca juga:   Pembelajaran Bahasa Inggris Asyik dengan Fast and Fun

Guru mengucapkan kata atau kalimat dan meminta peserta didik untuk memperagakannya. Guru memutar lagu, peserta didik menirukan serta memperagakan lagu tersebut bersama-sama. Peserta didik dipersilakan membentuk kelompok dan diberi tugas menirukan lagu tersebut sampai hafal dan faham dari lirik lagu tersebut. Peserta didik diminta mempresentasikan lagu yang telah diperdengarkan di depan kelas dan menerjemahkan lirik lagunya. Guru memberikan analisis tentang arti dan pesan yang terdapat pada lagu tersebut sekaligus memberi penilaian kepada kelompok.

Kelompok yang tampil dengan benar diberi reward applaus yang meriah dari teman satu kelas agar termotivasi dan lebih menyukai musik sekaligus belajar speaking English.

Secara umum hasil yang dicapai selama penerapan song base learning pada pembelajaran imperative sentences di SMP Negeri 2 Wonopringgo, baik dari segi perubahan sikap siswa, keaktifan dan kesungguhan siswa, serta motivasi siswa jauh lebih efektif dan menyenangkan dibanding sebelumnya. (bw1/lis)

Guru SMP Negeri 2 Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya