Belajar Asyik Aksara Jawa dengan Book Creator

Oleh : Badaruddin, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran aksara Jawa di tingkat SMP masih menjadi problem bagi para pengajar. Ditambah dengan kondisi saat ini yaitu adanya pandemi Covid-19, menyebabkan pemerintah tidak berani memutuskan pembelajaran dengan tatap muka. Sehingga proses pembelajaran dilaksanankan dengan sistem daring.

Pada awalnya sistem daring bisa berjalan dengan dengan lancar dan menyenangkan. Tetapi seiring berjalannya waktu anak sering mengalami kebosanan dalam mengikuti proses pembelajaran daring. Alhasil peserta didik tidak maksimal dalam mengikuti pembelajaran. Dan berakibat pada perolehan nilai harian peserta didik yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Itulah yang terjadi di SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang.

Menurut pendapat ahli bahwa materi pembelajaran hendaknya disajikan dengan cara yang menarik sehinggga rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran meningkat (Slavin, 1991). Di antaranya dengan menggunakan aplikasi bookcreator dalam penyampaian materi aksara Jawa. Book Creator adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat buku berbasis emodul. Book Creator adalah “tool” sederhana untuk membuat sebuah buku atraktif. Mengapa dikatakan atraktif karena biasanya sebuah buku hanya menampilkan tulisan dan gambar, namun dengan tool ini kita tidak hanya bisa menampilkan gambar dan tulisan tetapi juga dapat menyisipkan audio ataupun video (http://smkistektegal.sch.id/v2/berita/detail/pembuatan-media-ajar-dengan-book-creator).

Baca juga:   Kurikulum 13 Hebohkan Sekolah

Menurut penulis, aplikasi ini salah satu aplikasi yang ringan dan mudah dalam pembuatannya. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut : 1) pastikan laptop/PC yang akan digunakan untuk membuat book creator sudah terinstall google crome. Selanjutnya bisa langsung membuka laman https://app.bookcreator.com dan mendaftar akun book creator. Pengguna aplikasi ini diberi kebebasan dalam memilih akun gratis atau premium. Pastinya akan ada perbedaan fitur pada keduanya. Berikutnya kita bisa sign in dan bisa memulai membuatnya dengan klik ikon New Book yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya kita dipersilakan untuk memilih layout buku kita apakah Portrait, Square, Landscape atau yang lainya. tinggal pilih sesuai keinginan kita. Jika sudah memilih layout silahkan berkreasi untuk mendesain buku pelajaran dengan menekan tombol +.

Untuk bisa sampai ke peserta didik, pengajar meng-copy link yang sudah dibuat dan bisa langsung di share kepada peserta didik. Supaya link lebih ringkas juga bisa short menggunakan aplikasi untuk meringkas link atau laman. Dari hasil pembuatan materi aksara Jawa dengan aplikasi book creator peserta didik bisa belajar aksara jawa dengan asyik karena peserta didik bisa melihat alur menulis aksara Jawa yang benar disertai dengan audio penyebutan nama huruf aksara Jawa tersebut. Tulisan dalam aplikasi tersebut juga bisa dibuat dengan kombinasi warna yang bermacam-macam, sehingga tulisan tidak monoton satu warna. Untuk selanjutnya pengajar mencoba memberikan lembar kerja peserta didik melalui game atau kuis yang ada pada fitur book creator tersebut. dan hasilnya ada peningkatan perolehan nilai peserta didik dalam materi aksara Jawa ini.

Baca juga:   Menulis Procedure Text dengan Teknik Picture and Picture

Pengajar menyimpulkan bahwa aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa terkhusus dalam materi aksara Jawa. Dengan fitur dan kemudahan dalam membuat media pembelajaran, Diharapkan semangat dan kwalitas proses pendidikan tetap berjalan dengan asyik dan maksimal terutama di era pandemi covid 19 ini. (bw1/ton)

Guru Bahasa Jawa SMP Negeri 1 Pabelan Kab. Semarang

Author

Populer

Lainnya