Cuci Tangan Solusi Murah Menjaga Kesehatan

Oleh : Sri Sakti Pancasilawati, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Cuci tangan adalah proses membuang kotoran, debu secara mekanis dari kulit kedua belah tangan dengan memakai sabun dan air. Tujuannya menghilangkan kotoran dan debu secara mekanis dari permukaan kulit mengurangi jumlah mikro organisme sementara. Bila kita katakan kalau cuci tangan merupakan cara sehat yang sangat murah meriah ini tidak terlalu berlebihan.
Bagaimana sebenarnya peran cuci tangan dalam menjaga kesehatan kita dan bagaimana pula dampaknya serta bagaimana cara cuci tangan yang benar? Banyak sekali aktivitas kita setiap hari bahkan semua aktivitas kita menggunakan tangan. Peran utama tangan dalam tubuh kita adalah nomor satu. Banyak sekali aktivitas kita yang melibatkan tangan bahkan semua aktivitas kita semua ada pada bagian tangan.

Tanpa disadari hal ini menjadikan tangan sebagai media penular yang baik untuk berbagai penyakit infeksi. Kuman penyebab penyakit infeksi dapat dengan mudah ditularkan melalui tangan. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mencuci tangan World Health Organization (WHO) menggalakkan gerakan Clean Hands SaveYour Lives yang artinya mencuci tangan menyelamatkan hidupmu. Menurut WHO dibutuhkan 40 – 60 detik untuk cuci tangan yang baik dan benar. Berikut beberapa langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar : basahilah kedua tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua sampai tiga tetes.

Baca juga:   Tingkatkan Ketrampilan Sesorah dengan Mind Mapping

Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian. Gosokan punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari di masing-masing ruas jari.
Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunc, lalu gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.

Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari kanan.

Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan kanan. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu. Menjaga kesehatan hanya perlu beberapa menit dimulai dari kebiasaan mencuci tangan. Mencuci tangan sebentar tetapi berbagai penyakit bisa kita hindari. Kapan waktu yang tepat cuci tangan dilakukan? Beberapa momen yang tepat untuk mencuci tangan di antaranya adalah sesudah buang air, sebelum makan, setelah memegang hewan, setelah bermain atau berkontak dengan tempat kotor, setelah bersin atau batuk dsb. Manfaat yang bisa diperoleh dengan mencuci tangan adalah solusi termurah menjaga kesehatan.

Baca juga:   Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Bilangan

Untuk itu mari kita jaga kesehatan tanpa biaya mahal dengan membiasakan cuci tangan. Dan membiasakan hidup bersih dengan mencuci tangan. Kapan saja saat yang tepat untuk cuci tangan dilakukan? Setelah buang air, sebelum makan, setelah memegang hewan, setelah bermain atau berkontak dengan tanah, lumpur atau tempat kotor, setelah bersin atau batuk. Setidaknya dengan berhati-hati dan melakukan kebiasaan baik ini insya Allah kita bisa menjaga kesehatan dengan baik dan hasil yang baik pula. Jadi ayo kita biasakan kegiatan yang murmer ini sebagai sarana menjaga kesehatan pribadi kita. (ips21/lis)

Guru SMP Negeri 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya