Candy Introductions Tingkatkan Pembelajaran Describing Things

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran baru bagi siswa kelas 7 di SMP Negeri 3 Patebon. Sebagian besar siswa belum menerima mata pelajaran ini ketika mereka duduk pada bangku tingkat sekolah dasar. Adapun siswa yang sudah menerima mata pelajaran pada tingkat sekolah dasar, tidak lantas siswa tersebut dapat mahir dalam menguasai bahasa Inggris dasar. Mereka dapat menyebutkan kosakata-kosakata tentang warna, binatang, benda sekitar, dan lain sebagainya. Namun, hanya sebatas menyebutkan dan hafal tentang kosakata. Mereka tidak dapat menjelaskan tentang deskripsi dari kosakata-kosakata tersebut.

Selain itu, kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas 7 adalah mempelajari tentang tata bahasa (grammar). Tata bahasa yang digunakan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia berbeda. Itu yang membuat siswa kesulitan. Apalagi dalam belajar tentang tenses. Pada bahasa Inggris, ada perubahan kata kerja dalam kalimat berdasarkan waktu. Tapi, tidak dalam bahasa Indonesia. Misal, I bought a shirt yesterday; I am buying a shirt right now; I will buy a shirt tomorrow. Berbeda dalam bahasa Indonesia. Tidak ada perubahan kata kerja meski menyatakan waktu yang berbeda. Misal, Saya membeli baju kemarin; Saya membeli baju sekarang; Saya akan membeli baju besok. Jadi, siswa kesulitan dan kurang memahami secara benar dalam menyusun kalimat berbahasa Inggris.

Baca juga:   Picture and Picture Mampu Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa

Selain kesulitan dalam mempelajari tata bahasa, kesulitan lain yang dihadapi siswa adalah rasa tidak percaya diri dalam berbicara. Siswa lain terkadang menertawakan apabila ada siswa yang menggunakan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris. Itu yang membuat siswa semakin tidak percaya diri.

Pada materi describing things, siswa diharapkan mampu untuk mendeskripsikan benda-benda sekitar dengan cara menyampaikannya secara lisan dan tertulis. Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan kosakata-kosakata tentang benda. Kemudian, mereka dapat menyampaikan deskripsi benda tersebut secara lisan. Namun, kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa menjadi kendala dalam belajar describing things.

Melchor Bernardo dalam artikelnya yang berjudul 30 Get to Know You Games for Kids, menyatakan bahwa teknik pembelajaran lewat permainan akan dapat memotivasi dan merangsang keaktifan siswa dalam belajar. Melchor memperkenalkan Candy Introductions sebagai sebuah teknik permainan dalam pembelajaran. Pada materi pembelajaran describing things, teknik tersebut dapat digunakan untuk membantu siswa dalam belajar mendeskripsikan benda-benda sekitar.

Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan teknik ini. Pertama, guru menjelaskan tentang materi pembelajaran tentang describing things. Kedua, guru menyiapkan permen. Jumlah permen disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada di dalam kelas. Pada setiap belakang bungkus permen, terdapat gambar-gambar tentang benda-benda sekitar yang ditempel. Ketiga, guru membentuk kelompok siswa. Satu kelompok terdiri atas 5 siswa. Setiap perwakilan kelompok mengambil 5 permen dan membaginya pada tiap-tiap anggota kelompok. Keempat, setelah permen dipegang masing-masing siswa, mereka dapat mendiskusikan gambar benda-benda yang ada di belakang permen. Kelima, setiap kelompok dapat mempresentasikan benda-benda tersebut. Keenam, guru mengevaluasi setiap kelompok siswa. Teknik ini sudah diterapkan pada kelas 7 semester 2 di SMP Negeri 3 Patebon. Hasil penilaian pada pembelajaran describing things meningkat daripada menggunakan teknik sebelumnya. (kb2/ton)

Baca juga:   Belajar Gerpes Pencak Silat dengan Model Project Based Learning

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Patebon

Author

Populer

Lainnya