Pembelajaran Nama dan Tugas Malaikat Asyik dengan Bernyanyi

Oleh : Siti Faidatun, S.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Menghafal merupakan kegiatan mengambil informasi dari luar dengan sengaja untuk memasukkannya ke dalam ingatan (memori otak). Pada umumnya menghafal adalah berbasis pada lisan. Menghafal sama saja dengan informasi yang ditandai pada sistem kerja otak kita. Pada anak-anak umumnya mempunyai kemampuan yang sangat cepat untuk mengahafal dikarenakan masa itu adalah masa golden age, dimana kecerdasan mengalami perkembangan maksimal sehingga apabila dilakukan secara monoton justru rasa malas dan bosan tidak dapat terhindarkan.

Padahal pada usia anak-anak SD menghafal dalam kegiatan belajar mengajar sangat sangat mendominasi, karena akan membuat anak-anak berwawasan luar dan bisa mengerjakan soal pada saat ulangan.
Pada salah satu kompetensi dasar 3.4 (KD) kelas IV adalah salah satu tujuan pembelajarannya adalah menghafal nama-nama malaikat dan tugasnya. Agar siswa cepat menghafal dan lebih antusias serta tidak membosankan maka dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat salah satunya dengan bernyanyi. Bernyanyi adalah tindakan mengeluarkan suara dari mulut yang menghasilkan sifat musikal dalam hal ini sesuai dengan irama, dinamika dan nada-nada tertentu. Menurut profesor Graham Welch direktur penelitian pendidikan Universitas Surrey Roehampton, Inggris, “Bernyanyi mampu melepaskan endorfin kedalam sistem saraf yang membuat perasaan bersemangat dan terangkat, Honig (1998).

Baca juga:   Chatting Alternatif Mengatasi Malas Belajar Siswa saat PJJ

Anak-anak sangat menggemari kegiatan bernyanyi. Menghafal nama-nama malaikat dan tugasnya dengan metode bernyanyi akan meningkatkan perkembangan anak secara kognitif. Hal tersebut akan menambah nilai-nilai yang baik sedini mungkin tertanam dan dapat memudahkan anak-anak untuk mengingat. Pada kelas IV SD Sidorejo 01 materi manghafal nama-nama malaikat dan tugasnya dengan metode bernyanyi menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih bermakna dan menyenangkan. Anak-anak menjadi bahagia karena terhibur dan lebih bersemangat sehingga secara tidak disadari materi pelajaran yang kita berikan akan sangat mudah diterima dan diserap. Dengan demikian menghafal nama-nama malaikat dan tugasnya dengan metode bernyanyi, termasuk cara yang tepat untuk mencapai tujuan, sehingga target ketuntasan pembelajaran akan tercapai dan anak-anak lebih cepat hafal. Langkah awal penulis mengenalkan nama-nama malaikat dan tugasnya lalu di tulis dipapan tulis, kemudian mencontohkan cara menghafal nama-nama malaikat dan tugasnya dengan menyanyi disertai gerakan diulang-ulang anak-anak diminta untuk ikut menirukan dan bernyanyi, sampai pada akhirnya secara tidak sadar dan cepat anak-anak telah menghafal lagu nama malaikat dan tugasnya. Dengan hafalnya anak-anak maka materi menghafal nama malaikat tuntas karena lagu tersebut adalah mengenal nama malaikat dan tugasnya itu sendiri.

Baca juga:   Mendalami Salat melalui Think Pair and Share

Dengan pengalaman diatas yang paling pokok anak-anak tidak merasa tertekan dalam menghafal nama malaikat dan tugasnya. Dengan perasaan senang dan tidak tertekan melalui bernyanyi anak mampu mengekspresikan serta menambah kepercayaan diri pada mereka yang merupakan bagian dari tujuan pendidikan. (pai2/lis)

Guru SDN Sidorejo 01 Kec. Gringsing, Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya