Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Kuis Tebak Kata

Oleh: Nur Baiti, S.Ag.

spot_img

RADARSEMARNG.ID, TEMATIK merupakan salah satu mata pelajaran yang dalam pembelajarannya membutuhkan kemampuan guru dalam mengelola kelas, terutama kemampuan guru dalam memanfaatkan media yang bisa menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan sehingga dapat menarik minat dan mengaktifkan siswa untuk mengikuti pelajaran baik secara mandiri ataupun kelompok. Sejauh ini belajar tematik masih kurang diminati siswa jika dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, karena menurut mereka tematik adalah pelajaran sulit untuk dipelajari.

Upaya pembelajara yang dilakukan di MI YMI Wonopringgo 01 adalah mendiskripsikan proses pembelajaran Tematik dengan menerapkan permainan kartu tebak kata untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Perencanaan pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan menyiapkan RPP, materi, media kartu tebak kata dan kartu gambar. Setelah itu pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan RPP yang telah dibuat. Hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran tematik menggunakan kartu tebak kata mengalami peningkatan yang cukup baik atau lebih baik dari pabelumnya.
Permainan kartu tebak kata ini membuktikan bahwa Pembelajaran tematik dengan menggunakan media ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah proses pembelajaran ini dilakukan kepada kepala sekolah dan guru pengajar agar memberikan media yang bervariasi dalam pembelajaran tematik serta bisa memberikan motivasi, agar siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran termatik, serta menggunakan media yang bervariasi dalam pembelajaran seperti menggunakan media permainan dalam pembelajaran.

Baca juga:   Pembelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Menyenangkan dengan Sosiodrama

Untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan, dan interaktif dengan menggunakan metode permainan maka hal tersebut dapat diaplikasikan melalui model pembelajaran Kuis Tebak Kata, dimana siswa bisa menebak kata sesuai dengan petunjuk yang tersedia sehingga siswa dapat mengolah kembali pelajaran yang telah diajarkan dan membuat siswa termotivasi untuk ingin menjawab dengan benar. Karena setiap siswa menyukai games dan model pembelajaran Kuis Tebak Kata ini bisa dijadikan sebagai games untuk siswa.
Model pembelajaran tebak kata adalah model pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki yang berpasangan dengan kartu jawaban tekateki. Model tebak kata dilaksanakan dengan cara siswa menjodohkan kartu soal teka-teki dengan kartu jawaban yang tepat (Suprijono: 2012). Melalui permainan tebak kata, selain anak menjadi tertarik untuk belajar juga memudahkan dalam menanamkan konsep pelajaran dalam ingatan siswa. Jadi, guru mengajak siswa untuk bermain tebak kata dengan menggunakan media kartu dari kertas karton dalam mata pelajaran yang berlangsung.

Langkah-langkah pelaksanaan model tebak kata di sini yaitu: Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit. Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas. Seorang siswa diberi kartu besar yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu kecil yang yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga. Sementara siswa membawa kartu besar membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga. Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung member jawabannya. Dan seterusnya.

Baca juga:   Gaya Pujian Pembangkit Motivasi Belajar

Model Tebak Kata ini memiliki kelebihan kaitannya dengan efektifitas ketika pelaksanaaannya. Pertama, anak akan mempunyai kekayaan bahasa. Kedua, sangat menarik sehingga setiap siswa ingin mencobanya. Ketiga, isswa menjadi tertarik untuk belajar. Dan yang keempat adalah memudahkan dalam menanamkan konsep pelajaran dalam ingatan siswa. (ips1/zal)

Guru MI YMI Wonopringgo 01

Author

Populer

Lainnya