Review Text Meningkatkan Writing Skill

Oleh : Kiptiyah, S.Pd, M.Si

spot_img

RADARSEMARNG.ID, Dalam kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa dan sastra Inggris (bahasa Inggris-peminatan) teks review dimasukkan menjadi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik, seperti tercantum dalam silabus pada kompetensi dasar (3.8.) membedakan fungsi sosial, struktur teks ulasan (review) lisan dan tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita sesuai dengan konteks penggunaannya, dan (4.8.) menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks ulasan (review) lisan dan tulis terkait film/buku/cerita.

Pada kelas XII MIPA semester 2 di SMA Negeri 1 Subah tahun pelajaran 2019/2020, penulis berusaha untuk memberikan pembelajaran teks review yang menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat memahami keterampilan baik menyimak, membaca, menulis, dan berbicara.

Penulis dalam mengajarkan review text membatasi ulasan karya seni tentang film saja. Dengan mengulas kita dapat memperoleh informasi dan gambaran tentang obyek yang diulas dan kita mendapatkan manfaat yaitu membantu pembaca mengetahui gambaran dan kritikan terhadap suatu karya dan mengetahui latar belakang diterbitkannya suatu karya dan juga memberikan pertimbangan tentang nilai kepantasan suatu karya.

Baca juga:   Menggali Kemampuan Berbahasa melalui Pembelajaran Tanya Jawab

Pertama, guru memutar film Sherlock Holmes 2 dan Jurasic Park 3 untuk brainstorming dan menggiring siswa ke materi pembelajaran. Selama penayangan film, peserta didik diminta mengamati perbedaan kedua film tersebut secara menyeluruh dan mencatat beberapa informasi penting. Guru dan siswa saling memberi dan meminta informasi yang terdapat dalam dua film tersebut. Peserta didik menyebutkan tokoh, watak, pemain, setting, alur cerita dan memberikan penilaian terhadap dua film tersebut secara lisan. Langkah selanjutnya guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang fungsi sosial, unsur kebahasaan dan struktur teks review atau ulasan terkait film. Guru juga memberikan contoh cara menulis review atau ulasan sebuah film dengan memberikan guiding line untuk mengulas film yang sudah dipilih, yang mencakup judul film, genre, tokoh, bintang film, sutradara, produser, tahun rilis, sinopsis cerita film. opini, pesan moral, simpulan dan saran terhadap film tersebut.

Kedua, guru membagi siswa dalam kelompok terdiri dari 6 siswa. Tiap kelompok memilih judul film yang ada di buku latihan. Setelah tiap kelompok menentukan genre film, mereka menonton film tersebut di youtube dan mengamati film secara detail, tiap siswa mempelajari dan mendiskusikan tentang informasi dari film yang sudah dipilih dalam kelompoknya. Guru mengamati kerja tiap kelompok dan kemudian meminta mereka mempresentasikan di depan kelas secara bergantian dengan memberikan informasi tentang penilaian, kritik dan saran secara lisan. Guru memberikan penilaian dan merevisi tentang grammar dan vocabulary untuk tiap kelompok yang tampil.

Baca juga:   Menulis Diari Sebagai Alternatif Strategi Melatih “Writing Skill” Siswa

Pada pertemuan berikutnya, secara individu, siswa memilih jenis film action, romance, a science fiction atau adventure. Dengan guiding line siswa diminta untuk mengulas film yang sudah dipilih dengan menuliskan judul film, genre, bintang film, sutradara, produser, tahun dirilis, alur cerita film. opini, pesan moral, simpulan dan saran terhadap film tersebut secara tertulis. Akhirnya siswa secara mandiri dapat menulis sebuah teks review dalam tiap paragrap sesuai dengan struktur generiknya yang terdiri dari orientation (pengenalan), evaluation (penilaian), interpretation recount (sinopsis cerita) dan evaluation summation (rangkuman penilaian, kritik, dan saran). (ips2.2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Subah-Batang

Author

Populer

Lainnya