Belajar Seni lewat Aplikasi Android

Oleh: Dwi Retnaitin PWA, S.Pd

spot_img

RADARSEMARNG.ID, PENDIDIKAN sebagai pondasi dari sebuah keberhasilan dan kemajuan suatu bangsa. Sekolah bisa maju disebabkan oleh pendidik yang profesonal dan sistem pembelajaran yang baik. Pendidik tidak bisa lagi menggunakan cara belajar tradisional namun harus mengupgred metode atau model pembelajaran yang digunakan. Sudah saatnya siswa diberikan ruang berfikr “kreatif “ dalam berkarya. Jangan bermimpi kita ingin pendidikan yang maju jika kualitas pendidik masih jauh tertinggal dengan zaman.

Pendidikan seni sebagai sikap estetis bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan cita rasa dan bangga terhadap seni budaya bangsa. Pendidikan seni berfungsi untuk mengembangkan kepekaan estetis melalui kegiatan bereksplorasi serta pengalaman berkarya kretaif (Depdikbud 1981/1982 : 16)

Pelajaran seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak digemari para siswa karena pelajaran tersebut lebih meningkatkan daya kreativitas anak dengan selalu berimajinasi sehingga bisa memperindah kehidupan. Pelajaran seni budaya juga merupakan pelajaran yang memuat seni lokal untuk bisa dikembangkan dan tentunya juga dapat menjadi sarana melestarikan budaya lokal. Di era digital seperti ini tantangan guru seni memang berat karena harus meyakinkan siswa bagaimana untuk mencintai seni karena siswa pada zaman sekarang lebih asyik dan sibuk bermain dengan gadget nya daripada belajar seni lokal yang ada.

Guru memang menjadi faktor utama keberhasilan belajar mengajar di kelas. Jika gurunya bisa mengkondisikan peserta didik dikelas, metode dan teknik yang digunakan menarik maka suasana pembelajaran yang menyenangkan dan materi yang disampaikan bisa diserap dengan baik oleh peserta didik. Untuk itu guru dituntut kreatif agar anak-anak tidak bosan, mudah belajar, semakin kreatif dan menyenangkan utamanya di bidang seni budaya, guru bisa memanfaatkan aplikasi android dalam proses belajar mengajar di era digital sepert ini dengan memanfaatkan salah satu aplikasi di hp.

Baca juga:   Membangkitkan Gairah Pembelajaran IPS melalui metode Bermain Peran

Study yang dipublikasikan dalam Creativity Research Journal pada 2006 menyebutkan bahwa anak yang sering bersentuhan dengan seni akan cenderung berfikir kritis dan piawai dalam menyelesaikan masalah. Apalagi di era yang serba canggih ini anak bisa memanfaatkan berbagai aplikasi android yang bisa dimanfaatkan untuk menemani dan mendampingi siswa dalam belajar seni, contoh saja ketika ingin belajar seni rupa seringkali beberapa kendala, hambatan dan rintangan yang dihadapi seperti sulit menemukan buku bacaan yang berisikan informasi teori maupun teknis yang beredar di toko buku. Untuk mensiasatinya maka kita perlu belajar memanfaatkan teknologi yang ada digenggaman kita, kendala tersebut bisa diatasi dengan bantuan bantuan aplikasi android yang ada.

Aplikasi android yang seolah wajib untuk kalian para pelajar diantaranya adalah Aplikasi Geogle Arts and Cukture yaitu aplikasi khusus untuk orang – orang yang menyukai pada dunia seni rupa dan budaya, di dalam aplikasi ini menyediakan informasi – informasi cukup lengkap tentang seni rupa, yang kedua Aplikasi Color Harmony yaitu aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan pengguna merancang kombinasi warna dan bisa ditentukan secara otomatis dan mudah digunakan, ketiga yaitu Color Theory yatu aplikasi yang menampilkan fitur-fitur yang lebih kompleks, keempat aplikasi Easy poser yaitu aplikasi untuk yang ingn belajar menggambar model terutama pose dan gestur, yang kelima yaitu aplikasi Auto Desk.

Baca juga:   Belajar Tata Tertib dan Aturan Mudah dengan Metode Think Pair Share

Manfaat yang bisa di raih siswa dalam belajar seni dengan media android diantaranya adalah dapat mempermudah siswa berkreasi, meningkatkan kinerja otak, siswa akan merasa hatinya bahagia karena bisa berkreativtas, siswa mampu berfikir kritis dan lebih ekspresif. Ada beberapa cara mengajak siswa agar lebih menyukai seni yaitu dengan cara yang menyenangkan, misalnya pergi ke museum atau galeri seni setelah anak merasa tertarik maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu biarkan siswa memilih media seni yang diminati setelah itu guru mendorong siswa untuk terus berlatih dengan begitu anak akan lebih mencintai seni. Seperti yang diterapkan di SMAN 1 Bawang, Batang. (ips2/zal)

Guru Seni Budaya SMAN 1 Bawang, Batang

Author

Populer

Lainnya