Belajar Menulis Puisi melalui Aplikasi Poems

Oleh: T. Wiwik Trimastuti, S.Pd

spot_img

RADARSEMARNG.ID, Merebaknya kasus pandemi corona virus Disease 2019 (Covid-19) sejak Desember 2019 sampai saat ini mengharuskan semua proses kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik untuk sementara waktu dilakukan di rumah. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat belajar-mengajar di bidang pendidikan.

Salah satu cara agar membuat siswa tidak bosan, guru bisa memberikan tugas yang menuntut siswa untuk kretaif dan menyenangkan dan tidak membebani siswa apalagi membuat siswa stres. Adanya perubahan proses pembelajaran inilah yang menuntut guru harus mengubah cara belajar mengajar siswa dari cara mengajar secara langsung menjadi secara tidak langsung.

Salah satu yang bisa dilakukan guru yakni, pertama, membuat metode belajar baru dan seru meskipun lewat daring sehingga mampu memancing siswa untuk lebih aktif. Kedua, mendampingi siswa memanfaatkan teknologi yang positif. Ketiga, guru harus berprinsip tidak ada siswa yang mengeluh bosan belajar secara daring, salah satu cara memancing siswa untuk aktif yaitu dengan cara mengajak siswa belajar menulis puisi.

Ketrampilan menulis puisi di sekolah saat ini memang masih dianggap sulit di kalangan para peserta didik. Hal itu disebabkan karena untuk menulis puisi peserta didik harus mampu mengidentifikasi dan menganalisa unsur pembangun puisi yang sulit dipahami. Salah satu cara guru meningkatkan minat siswa menulis puisi di masa pandemi ini bisa kita lakukan dengan cara menuliskan puisi berdasarkan kisah seseorang. Kisah mampu menginspirasi seseorang, istilah inspirasi sama dengan ilham, yaitu sesuatu yang dapat menggerakkan hati dan pikiran untuk mencipta atau berbuat sesuatu.

Baca juga:   Media Realia Tingkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Menulis

Di zaman yang serba teknologi ini,tidak hanya berpengaruh terhadap industri finansial tapi juga menyebar ke ranah sastra. Terkait hal ini dewasa ini banyak bermunculan aplikasi menulis puisi yang memungkinkan siswa berkarya lebih mudah, bahkan untuk menemukan puisi-puisi keren lainnya. Guna meningkatkan kreatifitas siswa, guru bisa mengajak siswa menulis puisi dengan belajar menulis puisi dengan media aplikasi poems.

Bagi orang-orang yang mencintai puisi mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi poems ini. Hampir sama dengan aplikasi lainnya, di sini siswa bisa mengirim hasil karyanya sendiri maupun membaca hasil karya orang lain. Di dalam aplikasi ini siswa bisa melihat kumpulan puisi yang telah dibuat siswa sekaligus berapa jumlah likes yang berhasil didapatkan siswa. Jumlah likes yang banyak menunjukkan bahwa hasil karya siswa tersebut memang keren dan itu akan membuat siswa semakin semangat dalam menulis puisi.

Di masa pandemi seperti ini yang menuntut siswa untuk belajar secara daring maka kreativitas sangat penting guna menghilangkan rasa bosan siswa. Dengan belajar menulis puisi melalui aplikasi poems ini siswa akan tertarik untuk mencobanya. Dengan aplikasi poems ini bisa meningkatkan siswa untuk gemar menulis puisi selain itu juga sebagai sarana siswa menuangkan ide-ide kreatif berdasarkan pengalaman, kisah atau peristiwa yang terjadi, salah satu contoh bisa membuat puisi dengan mengambil kisah pandemi covid -19 yang sedang melanda dunia ini.

Baca juga:   Google Meet Efektif Tingkatkan Kemampuan Menyimak Bahasa Inggris

Dengan aplikasi poems ini siswa akan banyak tahu dan belajar tentang puisi dari berbagai penulis serta siswa dapat meningkatkan kretaivitas dalam menulis puisi, dapat menambah keberanian siswa dalam menyuarakan pendapat serta meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berkarya. (ips2.1/ton)

Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Bawang, Batang

Author

Populer

Lainnya