Belajar Bahasa Inggris menggunakan Google Classroom di Era Covid-19

Oleh : Titik Setyowati, S.Pd M.Kom.

spot_img

RADARSEMARNG.ID, SMP N 6 Semarang pada tahun pelajaran 2019/2020 merupakan tahun perjuangan yang harus dilalui dalam masa wabah Covid-19 ini. Pandemi ini memberikan dampak dalam segala kegiatan, tidak terkecuali bagi dunia pendidikan di Indonesia. Sudah hampir menuju akhir tahun, ternyata Covid-19 belum tampak akan pergi dari bumi Indonesia tercinta.

Pengaruh Covid-19 yang semakin meluas maka diberlakukannya social distancing. Akibatnya pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan peraturan untuk setiap pelajar dan mahasiswa belajar dari rumah. Begitu juga untuk guru dan para dosen dapat mengajar melalui media online.

Dulu para siswa dapat langsung berinteraksi dan bertatap muka dengan guru, teman. Tapi sekarang mereka harus belajar di rumah melalui media online. Belajar online di kalangan para siswa SMP 6 Semarang ada yang menggunakan edmodo, google classroom, google team dan quiizizz. Untuk pembelajaran secara menyeluruh pengambilan nilai ulangan atau latihan dan pemberian materi menggunakan aplikasi Google Classroom. Ini lebih mudah bagi guru, di samping memudahkan para siswa bisa langsung komunikasi melalui chating di Google Classroom menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga:   Menulis Deskriptif Bahasa Inggris dengan Strategi Picture Word Inductive

Dengan menggunakan aplikasi Google Classroom, pelajaran Bahasa Inggris khususnya sangat menarik peserta didik, karena mereka termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan. Siswa belajar mengerjakan soal-soal membuka materi chating, Mengumpulkan tugas Voice Dialog Bahasa Inggris juga bisa dikirim dengan mudah, mengirim file baik berupa media yang berbeda-beda tapi bisa dikumpulkan dan hasilnya langsung bisa diketahui apabila guru telah mengoreksi. Tugas-tugas pun bisa diatur waktunya. Begitu juga dengan guru bisa mengatur waktu pertemuan waktu memberi materi, waktu memberi tugas, dan waktu penilaian. Semua sudah ada di Google Classroom. Yang paling menyenangkan, siswa dan guru langsung bisa komunikasi di chating dalam bahasa Inggris dan siswa juga bisa langsung mencari terjemahannya.

Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Bila soal sudah jadi dibuat, soal tersebut dapat dibagikan kepada siswa dengan menggunakan alamat kode yang dihasilkan saat mau membagikan kepada siswa. Kelebihan dari Google Classroom ini adalah siswa satu dengan yang lainnya tidak dapat mencontek karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Kita bisa membuat soal sendiri. Jadi setiap orang bisa membuat soal sendiri sesuai dengan keinginannya. Bagi guru yang sangat menguntungkan adalah Guru yang lain bisa bergabung dalam satu kelas sehingga sangat memudahkan sekali bagi guru yang lainnya untuk mengakses dan memonitor siswa secara bersama-sama.

Baca juga:   Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris lewat WhatsApp

Aplikasi Google Classroom ini ternyata banyak diminati di sekolah – sekolah selain di SMP N 6 Semarang. Hampir semua SMP Negeri di kota Semarang menggunakan Google Classroom. semenjak Indonesia dinyatakan Covid-19 para guru segera mencari aplikasi – aplikasi yang sesuai yang bisa dipelajari dengan cepat baik dari kalangan siswa maupun guru. SMP N 6 hampir semua guru menggunakan Google Classroom meskipun ada juga aplikasi – aplikasi lain yang di gunakan, namun Google Classroom saat ini masih menjadi andalan bagi guru dan siswa SMP N 6 Semarang sampai detik ini. (pai1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP N 6 Semarang

Author

Populer

Lainnya