Upaya Membangun Kreativitas melalui Prakarya Berbasis Praktik

Oleh : Erixa Yusnita, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran dengan pola daring atau pembelajaran dari rumah pastinya memiliki kendala dan tantangan tersendiri bagi semua guru. Tidak terkecuali bagi guru mata pelajaran Prakarya yang notabene dalam semua aspeknya aktifitas pembelajarannya dominan ke kegiatan praktik dan memerlukan bimbingan secara langsung agar pembelajaran berjalan lancar dan tujuan pembelajaran pun tercapai.

Di era pandemi covid-19 in kreativitas guru diuji untuk dapat menyajikan pembelajaran agar tetap berjalan sebagai mana mestinya. Untuk itu kami guru prakarya senantiasa berinovasi untuk menyajikan pembelajaran dengan baik meskipun dilaksanakan dengan pola pembelajaran jarak jauh sebagaimana yang kami laksanakan pada proses pembelajaran prakarya di SMPN 3 Kedungwuni khususnya pada kelas VII.

Pelajaran prakarya di masa kurikulum 2013 mempunyai peranan yang sangat penting diantaranya untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam menyiapkan masa depannya. Adapun proses pembelajaran prakarya mencakup aktivitas materi pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, kompetensi ketrampilan serta sikap untuk dapat menciptakan karya nyata berupa produk yang nantinya dapat menciptakan peluang pasar. Salah satu tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran prakarya kelas VII aspek pengolahan khususnya pada kompetensi dasar pengolahan hasil samping buah dan sayur adalah membangun unsur kreativitas untuk itu kami menyajikan suatu proses pembelajaran prakarya yang dirancang untuk membangun kreatifitas peserta didik. Di antaranya melalui pembelajaran prakarya berbasis praktik sebagaimana yang kami lakukan di SMPN 3 Kedungwuni.

Baca juga:   Optimalkan Keaktifan Belajar PPKN melalui Metode NHT

Barron (dalam Ali & Arori, 2006) mendefinisikan kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Adapun aspek – aspek kreativitas meliputi kelancaran berfikir, keluwesan berpikir, elaborasi pikiran dan keaslian berpikir. Sedangkan metode praktek menurut Hamzah (2008:200) belajar praktek adalah belajar ketrampilan yang membutuhkan gerakan motorik, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di tempat kerja atau lapangan. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode praktek adalah suatu tehnik pembelajaran yang memiliki tujuan mengembangkan kemampuan peserta didik dengan menerapkan ketrampilan yang dimiliki.

Metode praktik adalah (demonstrasi) adalah suatu cara dengan memberikan materi pendidikan baik menggunakan alat atau benda seperti diperagakan dengan tujuan peserta didik menjadi jelas, mudah dan dapat mempraktikkan dalam kehidupannya kelak. Tahap-tahap pembelajaran berbasis praktik 1) Penyampaian tujuan merumuskan dan menyampaikan tujuanyang akan dicapai 2) Menjelaskan tentang materi praktik yaitu mengolah hasil samping buah dan sayur. 3) Pendemonstrasian cara kerja, mulai dari penyiapan alat dan bahan serta perlengkapan lainnya. 4) Simulasi yaitu pesert didik mencoba mempraktikkan secara langsung. 5) Latihan pengalihan yaitu penggunaan hal-hal yang telah dipelajari untuk memecahkan hal-hal baru. Adapun kelebihan metode ini adalah untuk melatih kecakapan motorik peserta didik.

Baca juga:   Model CORE Tingkatkan HB Prakarya Siswa

Dengan menerapkan pembelajaran berbasis praktik ini peserta didik semakin antusias dan proses pembelajaran Prakarya menjadi hidup peserta didik terlibat aktif untuk menuangkan ide kreativitasnya dan akan tampak dalam hasil praktiknya. Dengan demikian pembelajaran prakarya berbasis praktik akan menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam berkarya. (bw1/ton)

Guru Prakarya SMPN 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya