Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Tingkatkan Kompetensi Guru

Oleh : Siti Rahayu, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Saat ini profesi guru merupakan salah satu profesi yang banyak diminati oleh generasi muda. Hal ini salah satunya adalah karena pemerintah memberikan perhatian lebih kepada profesi guru yaitu dengan pemberian tunjangan sertifikasi bagi guru-guru yang sudah disertifikasi.

Namun di balik pemberian tunjangan tersebut, pemerintah menuntut para guru untuk lebih meningkatkan profesionalismenya dengan penguasaan kompetensi yang dimilikinya. Salah satu indikator guru profesional dan kompeten adalah guru yang mampu beradaptasi dengan perkembangan keilmuan yang semakin canggih dengan cara penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Keberadaan guru yang kompeten dan profesional merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Salah satu indikator guru profesional dan kompeten adalah guru yang mampu beradaptasi dengan perkembangan keilmuan yang semakin canggih dan mampu menerapkan model dan metode pembelajaran berdasarkan tuntutan waktu dan kebutuhan peserta didik. Penerapan pola ini akan menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar, enjoy dalam mengajar, yang pada akhirnya akan menghasilkan proses KBM yang berkualitas.

Baca juga:   Keterampilan Menulis Karangan melalui Metode Image Streaming

Seiring dengan pesatnya perkembangan sains dan teknologi, khususnya dalam bidang TIK semakin memudahkan siswa dalam menggali disiplin ilmu yang diminati juga memudahkan guru dalam menyampaikan ilmu karena telah tersedianya fasilitas yang canggih. Internet sudah ada di mana-mana, ruang belajar tidak lagi disekat oleh kelas, tetapi sudah mampu belajar jarak jauh dan dimanapun.

Kompetensi tidak hanya mengandung pengetahuan, keterampilan dan sikap, namun yang penting adalah penerapan dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan tersebut dalam pekerjaan. Kompetensi adalah karakteristik dasar seseorang yang berkaitan dengan kinerja berkriteria efektif dan atau unggul dalam suatu pekerjaan dan situasi tertentu. Oleh karena itu karakteristik merupakan bagian yang mendalam dan melekat pada kepribadian seseorang dan dapat memprediksi berbagai situasi dan jenis pekerjaan, memprediksi siapa-siapa saja yang kinerjanya baik atau buruk, berdasarkan kriteria.

Berdasarkan keterangan diatas maka kompetensi guru dapat diartikan sebagai penguasaan terhadap pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak dalam menjalankan profesi sebagai guru. Dengan demikian kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukan kualitas guru yang sebenarnya. Berdasarkan pengertian tersebut, Standar Kompetensi Guru adalah suatu pernyataan tentang kriteria yang dipersyaratkan, ditetapkan, dan disepakati bersama dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap bagi seorang tenaga kependidikan sehingga layak disebut kompeten. Penguasaan TIK menjadi bagian dari tuntutan kompetensi guru untuk mendukung pelaksanaan tugasnya dan sebagai sarana untuk mencari dan mengunduh sumber-sumber belajar.

Baca juga:   Terampil Berbicara Bahasa Inggris melalui Media Iklan

Peningkatan kompetensi TIK guru harus sejalan dengan pengadaan sarana yang memadai, walau pun demikian peningkatan kemampuan kualitas guru melalui TIK harus menjadi visi sinergis dan terintegrasi sehingga perkembangan TIK, perkembangan siswa, dan perkembangan kompetensi guru berjalan lurus mengikuti arah perkembangan pendidikan dan pembelajaran. (bw1/ton)

Guru BTIK SMP Negeri 16 Semarang

Author

Populer

Lainnya