PJJ Menyenangkan dengan Tugas Proyek

Oleh : Sudarni

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia menyebabkan kesulitan di semua sektor, termasuk sektor pendidikan. Salah satu kesulitannya adalah sekolah tidak dapat melaksanakan pembelajaran secara maksimal, karena guru dan peserta didik tidak bisa berinteraksi secara langsung.

Pada pertengahan Maret 2020, pemerintah menghentikan kegiatan belajar mengajar untuk sementara waktu. Sehingga pemerintah menerapkan kebijakan agar sekolah melaksanakan PJJ (pembelajaran jarak jauh) melaui daring/dalam jaringan internet. Melalui PJJ, belajar mengajar tetap berlangsung tanpa perlu tatap muka. Untuk mengatasi hal tersebut, maka guru harus pandai mencari alternatif lain yang menyenangkan.

Sehingga peserta didik tetap dapat melaksanakan proses belajar mengajar yang menyenangkan, tetap aktif dan tidak merasa jenuh. Di antaranya dengan tugas proyek. Hal ini dilakukan guru karena salah satu penekanan dalam pembelajaran IPA adalah produk. Dengan tugas proyek diharapkan peserta didik tetap dapat belajar secara mandiri di rumah dan tetap dalam pantauan guru baik melalui grup whatsapp kelas maupun geogle classroom.

Tugas proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung untuk menyelesaikan suatu proyek tertentu yang diberikan oleh guru.

Baca juga:   Problem Based Learning Tingkatkan Hasil Belajar Materi IPA di SD

Dengan tugas proyek maka peserta didik secara langsung belajar dalam menemukan masalah, memecahkan masalah dan menghasilkan produk. Adapun langkah-langkah pembelajaran proyek antara lain pertama menentukan pertanyaan, guru mengawali dengan pertanyaan kepada peserta didik. Dua mendesain perencanaan proyek, guru memberikan proyek pada peserta didik untuk dilaksanakan. Tiga menyusun jadwal,guru membuat jadwal pelaksanaan pembuatan proyek kepada peserta didik yang dilakukan secara individu. Karena untuk menghindari peserta didik berkerumun dengan temen yang lain. Empat memonitor kemajuan proyek, guru melaksanakan monitoring kegiatan peserta didik dalam menyelesaikan tugas proyek dengan cara meminta peserta didik untuk mengirim pelaksanaan proyek melalui whatsapp. Lima menguji proses dan hasil belajar, penilaian dilakukan oleh guru untuk mengukur ketercapaian hasil belajar peserta didik berupa hasil karya yang dihasilkan. Enam evaluasi pengalaman, guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil belajar tugas proyek yang telah dilaksanakan.

Dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh melalui tugas proyek di masa pandemi Covid-19, menjadi lebih efektif, karena peserta didik tetap dapat melaksanakan pembelajaran meskipun tanpa ketemu langsung dengan guru, tetapi peserta didik tetap melaksanakan tugas proyek dengan baik.

Baca juga:   Atasi Kebosanan dengan Quizizz pada PJJ

Hal ini terlihat dari partisipasi peserta didik dalam berkonsultasi dengan guru dan hasil proyek yang dihasilkan peserta didik. Dengan tugas proyek dapat membantu peserta didik mudah dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan guru.Tugas proyek yang dilaksanakan secara individu, juga dapat menanamkan kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam proses pembuatannya. (bp1/lis)

Guru SMP Negeri 1 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya