Optimalisasi Keterampilan Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel dalam Pembelajaran BTIK

Oleh : Purhandayani, SPd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di era digital, hampir semua lini kehidupan tidak terlepas dengan perangkat canggih yang membantu cara kerja operasional manusia. Salah satu perangkat yang digunakan oleh masyarakat digital adalah komputer dengan isinya berupa software yang mempermudah dan mengefektifkan hasil kerja. Untuk itu, pedidikan harus mengantisipasi dengan mengenalkan, mengajarkan peserta didik memiliki kemampuan aspek life skill sebagai bekal kelak maupun sebagai perangkat pendukung pelajaran lainnya. Salah satu aplikasi penting yang diajarkan kepada para siswa adalah Microsoft Excel.

Berdasarkan pengamatan penulis sebagai guru BTIK, kemampuan peserta didik mengolah dokumen pengolah kata dengan grafik, gambar dan diagram dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel masih jauh dari capaian pembelajaran. Seperti misalnya memahami menu ribbon, ikon dan bagian lain yang ada dalam menu, belum optimal.

Berdasarkan kondisi empirik tersebut, sebagai guru perlu mencari solusi metode pembelajaran yang dapat mengentaskan problem mendasar yang dialami siswa.

Penulis mencoba dengan menerapkan sebuah metode pembelajaran drill berbantuan multimedia interaktif dengan target meningkatkan aspek kompetensi keterampilan mengolah data menggunakan Ms Excel 2016, dan aspek kognitif yakni sikap dan minat belajar. Upaya ini hakikatnya mengubah proses pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa dengan cara memberikan metode pengajaran yang lebih inovatif yakni mengkondisikan siswa dalam aktif belajar, dapat memberi kesempatan untuk berlatih menyelesaikan tugas-tugas dan latihan-latihan.
Metode drill menjadi pilihan guru dalam pembelajaran BTIK dikarenakan dengan melaksanakan kegiatan latihan siswa memiliki ketegasan dan keterampilan lebih tinggi, siswa lebih cepat menguasai materi yang diberikan. Strategi pelaksanaanya, guru menjelaskan terlebih dahulu tujuan dan kompetensi, menentukan aktivitas yang harus dikerjakan siswa, guru menyiapkan media pembelajaran yang menarik, menggunakan selingan latihan supaya tidak membosankan dan melelahkan, guru hendaknya memperhatikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa, serta mendiagnosis kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa.

Baca juga:   Peningkatan Gerak Dasar Renang Gaya Bebas melalui Modifikasi Alat Bantu

Dalam proses pembelajaran jika terjadi kelambanan belajar atau keliru memahami materi maka guru harus mampu mengklasifikasi apakah kondisi tersebut dialami secara perorangan atau secara klasikal. Permasalahan bisa diselesaikan dengan perorangan jika terjadi pada perorangan siswa, dan dengan klasikal jika kesalahannya secara klasikal. Dalam konteks ini guru perlu mengombinasikan dengan menggunakan multimedia interaktif, sehingga kelambanan belajar bisa dieliminasi dan pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan.

Menurut pendapat pakar pembelajaran (Hasrul, 2010) multimedia interaktif merupakan sebuah teknologi baru dengan potensi yang sangat besar untuk mengubah cara belajar, cara untuk mendapatkan informasi dan cara untuk menghibur. Oleh karena itu sudah sepatutnya guru perlu menyiapkan dengan optial karena memang pada kenyataan, siswa lebih menyukai pembelajaran yang di dalamnya disisipkan media dibandingkan pembelajaran secara konvensional.

Berdasarkan analisis penulis selama menerapkan metode inovatif terbukti bahwa terdapat peningkatan keterampilan siswa kelas VIII SMPN 38 Kota Semarang yang tergambarkan dari keterampilan membuat dan mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi grafik dan gambar serta diagram. Sementara itu, terjadi juga peningkatan aspek aktivitas yang tercermin pada motivasi belajar, ketekunan berlatih, keberanian menyampaikan ide cara kerja dan kreatif, tepat dan benar menjawab soal-soal latihan. Akhirnya, mengoptimalkan keterampilan mengunakan aplikasi Ms Excell dengan metode drill merupakan tantangan dan kebutuhan bagi guru BTIK. (bp1/lis)

Baca juga:   Asyiknya Belajar Bangun Ruang dengan Media Papercraft

Guru BTIK SMPN 38 Semarang

Author

Populer

Lainnya