Berusaha Move On saat Belajar Bahasa Inggris

Oleh : Eli Pristiyanawati, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kesulitan belajar pasti banyak siswa mengalaminya, berbagai perasaan pasti berkecamuk di dalam hatinya, mulai dari sedih, kecewa, keinginan, perasaan bersalah, dan lain sebagainya. Terutama kalau siswa kesulitan dalam pelajaran Bahasa Inggris yang sebenarnya sebagai bahasa internasional yang sangat bermanfaat nantinya bagi dunia pasar global yang seharusnya sangat cocok dan kita cintai dengan sepenuh hati. Pasti sangat sulit rasanya untuk move on dalam semangat belajar jika sudah tidak kita cintai dan tidak cocok terlebih dahulu.

Setiap siswa punya waktu masing-masing untuk move on. Berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang siswa untuk bisa move on? Jawabannya tentu sangat beragam. Itu tergantung pada kepribadian siswa tersebut, berapa besar ia mencintai Bahasa Inggris, seperti apa kecintaannya, dan sebagainya. Artinya, setiap siswa butuh waktu yang berbeda-beda untuk move on. Ada yang bisa move on hanya dalam beberapa hari, ada pula yang butuh hingga berbukan-bulan.

Model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran (Kokom Komulasari:2015:57). Salah satu hal yang paling efektif membantu untuk cepat move on adalah menyibukkan diri siswa dengan berbagai kegiatan. Di SMP Negeri 1 Kesesi Kita coba kasih berbagai kegiatan yang bisa menjadikan siswa akrab dengan bahasa inggris untuk menumbuhkan rasa kecintaan, namun jangan sampai berat yang membuat siswa terbebani.

Baca juga:   Video Upin-Ipin Jawa Tingkatkan Menulis Pengalaman

Kegiatan yang bisa menumbuhkan kecintaan anak di antaranya kita kasih tugas harus bisa menyanyikan salah satu lagu bahasa Inggris walaupun lagu yang sederhana. Kita bisa menggunakan alat bantu untuk memutar audio nyanyian bahasa inggris atau kita sendiri sebagai guru yang langsung menyanyikan lagu apabila kita sudah hafal dengan lirik dari lagu, dari metode pembelajaran dengan cara bernyanyi kita sudah menerapkan beberapa bentuk pembelajaran sekaligus, seperti : Listening (mendengarkan), Speaking (Berbicara), Repeat (Mengulang), Pronounciations (pengucapan/pelapalan kata).

Kegiatan berikutnya adalah games. Games atau permainan adalah suatu hal yang disukai oleh anak-anak, kita bisa membuat games yang isinya tentang pelajaran bahasa inggris, misalnya : Puzzle, misalkan kita membuat suatu kotak-kotak kecil pada suatu kertas yang isinya adalah huruf-huruf alfabet, lalu kita menuliskan kata-kata di papan tulis, setelah itu kita menyuruh siswa untuk menemukan kata-kata yang kita tulis di depan pada kertas yang berisi huruf-huruf alfabet tersebut, dari sini kita sudah menerapakan pembelajaran tentang vocabulary (kosa kata), karena siswa secara tidak langsung membaca dan mencari kata-kata yang dituliskan tersebut. Greeting Card, permainan Greeting Card adalah sebuah permainan yang mengajak siswa untuk membuat suatu kartu ucapan kepada temannya, kita menyuruh siswa untuk membuat kartu ucapan yang bagus dan diwarnai untuk diberikan kepada temannya, setelah itu kita memberikan Instrument Greeting-nya seperti : Congratulation, Good Morning, Good Luck!, dengan permainan ini kita mengajak siswa untuk menulis (writing). Commands (perintah), games ini bisa bisa kita gunakan kapanpun saat proses pembelajaran berlangsung atau baru dimulai, misalnya saat pembelajaran baru dimulai kita bisa menyuruh siswa untuk melakukan sesuatu hal seperti menutup atau membuka pintu, Instrument : Close the door, please, Open the door, Please,etc dan masih banyak games-games lain yang bisa kita gunakan untuk membuat move on siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. (bp1/ton)

Baca juga:   Mudah Belajar Adverb of Frequency melalui Never Have I Ever

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Kesesi

Author

Populer

Lainnya