Peran Guru BK Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Oleh : Endang Hartiningsih S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN merupakan suatu proses pendewasaan dan pengembangan aspek-aspek kemanusiaan, baik secara biologis maupun psikologis. Sekolah merupakan salah satu tempat dilakukannya program pendidikan. Pendidikan memiliki beberapa komponen yaitu terdapat pendidik atau guru, siswa, kurikulum dan peraturan yang berlaku dalam proses belajar mengajar. Secara psikologis, belajar dapat diartikan sebagai suatu proses memperoleh perubahan tingkah laku untuk mendapat pola-pola respon baru yang diperlukan dalam interaksi dalam lingkungannya secara efisien (Mulyadi, 2010:94).

Dalam sekolah (instansi pendidikan) kerap kali dijumpai berbagai permasalahan. Masalah-masalah tersebut merupakan hambatan dalam usaha mencapai suatu tujuan pendidikan. Mengenai masalah belajar yang terjadi pada siswa, khususnya siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Wirosari misalnya, seperti banyak siswa yang kurang termotivasi dalam belajar sehingga membuat siswa malas belajar dan tidak bergairah dalam belajar. Akibatnya, proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik dan tidak sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan. Motivasi di dalam belajar sangatlah penting, karena tanpa adanya motivasi dalam proses pembelajaran, maka proses tersebut tidak akan berjalan sempurna. Menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi siswa. Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga guru sebisa mungkin harus selalu berupaya meningkatkan motivasi belajar. Terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar dengan menggunakan berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru.

Baca juga:   Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa

Penulis berupaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memperjelas tujuan yang ingin dicapai. Dengan berusaha membangkitkan motivasi siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, dan menggunakan variasi metode penyajian yang menarik. Tak lupa, berilah pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa, dan berikan penilaian juga. Selain itu, berilah komentar terhadap hasil pekerjaan siswa. Ciptakan persaingan dan kerja sama.

Penulis melihat dari apa yang telah penulis lakukan di atas, telah membuahkan hasil. Siswa kelas XII MIPA 1 merasa lebih bersemangat dan termotivasi lebih giat belajar.

Hasil belajar siswa akan optimal apabila siswa tersebut mau berusaha keras dan dengan adanya motivasi belajar yang tinggi juga disertai dengan kepatuhan terhadap aturan dan norma. Motivasi siswa dalam belajar menjadi salah satu penentu keberhasilan di berbagai aspek kehidupan. Jika motivasi tidak ada dalam usaha belajar, pada akhirnya dapat membawa dampak yang tidak baik terhadap hasil usaha. Salah satu bentuk motivasi yang harus dimiliki siswa ialah motivasi belajar siswa dalam menentukan dan menggunakan cara belajar, memanfaatkan waktu dalam belajar, dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru baik tugas di rumah maupun tugas di sekolah
Untuk itu, guru BK harus lebih serius menjalani perannya sebagai pendidik yang baik dengan memberikan layanan BK berupa layanan informasi. Di samping itu, guru BK bisa bekerja sama dengan orang tua peserta didik antara lain, melakukan pemantauan terhadap proses belajar siswa di sekolah maupun di luar sekolah. Dengan demikian, guru BK dapat meningkatkan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya motivasi belajar. (btj2.1/ida)

Baca juga:   Metode PBL Dapat Menarik Minat Belajar Siswa

Guru BK SMAN 1 Wirosari

Author

Populer

Lainnya