Microsoft Power Point untuk Pembelajaran Teknik Pengembangbiakan Ikan

Oleh : Siti Nurul Ahyati

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bukan berarti hanya terbatas pada penggunaan komputer dan internet. Pemanfaatan Teknologi dan Informasi dalam pembelajaran mencakup alat-alat konvensional, seperti bahan tercetak, kaset audio, overhead transparancy atau overhead projector, bingkai suara (sound slides), radio, televisi. Jadi Teknologi informasi dan komunikasi adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi (Erwin Widiasworo, S.Pd, 2019).

Di masa pandemi covid-19, dimana proses pembelajaran dilaksanakan secara daring atau online maka harus dicari berbagai macam metode dan media pembelajaran yang bervariasi agar peserta didik tidak jenuh dalam belajar. Salah satu media yang sering di gunakan adalah microsoft powerpoint. Seorang Guru dituntut untuk bisa melek teknologi, agar proses belajar mengajar tidak membosankan dan menarik. Program aplikasi microsoft powerpoint ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menyajikan sebuah materi presentasi, dan sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan (Drs. Daryanto, 2013). Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.

Baca juga:   Bimbingan Konseling Online Asyik dari Guru BK di Masa Pandemi

Pada pembelajaran teknik pengembangbiakan komoditas perikanan air tawar di SMK Negeri 1 Salam kelas 12 Agribisnis Perikanan Air Tawar, salah satu kompetensi dasarnya adalah pengendalian hama dan penyakit pada pemeliharaan larva komoditas perikanan. Hama dan penyakit ini sering menjadi kendala dalam pengembangbiakan komoditas perikanan, bahkan sering mengakibatkan kegagalan dalam usaha. Media yang digunakan dalam proses belajar mengajar adalah program aplikasi microsoft powerpoint.

Pada saat ini aplikasi microsoft powerpoint sudah berkembang pesat dan bervariatif. Pada metode pembelajaran ini peserta didik di sajikan power point dengan gambar gambar, animasi-animasi, teks yang berwarna, vidio hama penyakit yang menarik untuk dipelajari dan mudah di terima oleh peserta didik. Dengan sajian yang menarik peserta didik akan mudah untuk mengingat dan mempelajari materi yang disajikan, juga dapat menerapkan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-harinya dalam masyarakat. Dengan sajian yang menarik maka proses belajar mengajar akan mudah di serap dan diingat oleh peserta didik dan merangsang peserta didik untuk mengetahui lebih jauh lagi informasi tentang bahan ajar yang tersaji, selain itu seorang Guru tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan. Peserta didik juga bisa belajar lebih mandiri dan bertanggung jawab dengan tugas-tugasnya. Selain itu peserta didik juga dapat mengeksplor pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki dan lebih luas lagi sesuai dengan perkembangan zaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:   Meningkatkan Speaking Skill dengan Metode Role Playing

Dari hasil penerapan media pembelajaran dengan microsoft powerpoint di SMK negeri 1 Salam, siswa lebih termotivasi untuk memahami dan mempelajari cara pengendalian hama dan penyakit pada pemeliharaan larva yang sering menjadi permasalahan didalam kegiatan pengembangbiakan komoditas perikanan yang dilakukannya dan dapat di terapkan dalam lingkungannya, peserta didik lebih semangat belajar, dan meningkatkan hasil belajarnya yang lebih baik lagi. (fbs1/ton)

Guru Perikanan SMK Negeri 1 Salam, Kab. Magelang

Author

Populer

Lainnya