Belajar Peta dengan Aplikasi Google Maps

Oleh: Mimin Rukmini, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Materi keterampilan dasar pemetaan pada mata pelajaran geografi kelas X merupakan salah satu materi yang cukup penting dan diminati oleh siswa kelas X program IPS di MAN Kendal. Dengan kemampuan yang baik dalam mempelajari peta, siswa dapat memperoleh banyak informasi tentang objek daerah atau gejala di permukaan bumi. Kenyataan di lapangan tidak semua siswa memiliki minat yang tinggi untuk mempelajari peta. Mereka beranggapan bahwa peta terlalu sulit dipelajari karena di dalamnya penuh dengan simbol-simbol yang kurang mereka pahami.

Era industri 4.0 menghadirkan berbagai teknologi dan kemajuan yang memudahkan semua aspek kehidupan manusia. Bahkan, para ahli memprediksi bahwa era revolusi industri 4.0 akan mengakibatkan pekerjaan melibatkan kemampuan sains, teknologi, teknik dan matematika, internet of things, dan pembelajaran sepanjang hayat (Zimmerman, 2018). Demikian halnya dengan peta. Pada saat ini, peta dapat dipelajari dengan cara memanfaatkan teknologi. Dengan adanya aplikasi Google Maps, peta dapat diaakses di mana saja dan kapan saja.

Google Maps atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah peta Google merupakan layanan pemetaan digital yang sudah dikembangkan Google (Wikipedia). Saat ini Google Maps telah menjadi aplikasi yang sangat popular di kalangan masyarakat pengguna smartphone. Dengan banyaknya layanan berupa citra satelit, kondisi lalu lintas, peta perjalanan, perencanaan rute untuk berpergian baik bagi pejalan kaki maupun berkendaraan, membuat aplikasi ini sangat berguna bagi banyak orang.

Baca juga:   Solusi Mudah Selesaikan Soal HOTS Program Linear dengan Metode Polya

Dengan kecanggihan layanan dari Google Maps, banyak guru geografi memilih untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam pembelajaran materi peta. Selain agar siswa tidak merasa bosan hanya dengan mendegarkan ceramah guru dan membaca materi, penyampaian materi peta menggunakan aplikasi tersebut menjadi lebih mudah diterima dan dipraktikkan oleh siswa. Alhasil, kemampuan siswa membaca peta juga meningkat, dan mereka tidak lagi menganggap materi peta sesuatu yang sulit dipelajari.

Langkah selanjutnya, guru bisa memberikan tugas mandiri pada siswa baik secara individual maupun kelompok berkaitan dengan penggunaan aplikasi Google Maps untuk mengambarkan wilayah tertentu dan menjelaskan apa-apa saja informasi yang diberikan oleh aplikasi Google Maps tersebut. Sebagai penutup, guru bisa meminta siswa membuat kesimpulan sederhana dari semua proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Jadi, dari gambaran di atas bahwa guru di era now ini dituntut untuk bisa memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman, seperti pemanfaatan aplikasi Google Maps untuk memahami materi keterampilan dasar peta. Dan pada praktiknya, ini menghadirkan pemahaman baru bagi siswa, khususnya siswa kleas X program IPS di MAN Kendal terhadap materi dengan proses pembelajaran yang sangat menyenangkan.(fbs2/aro)

Baca juga:   Peran Geografi Fisik dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Sekolah

Guru Geografi MAN Kendal

Author

Populer

Lainnya