Manajemen Waktu Tingkatkan Kedisplinan dan Kenyamanan Belajar

Oleh : Rini Usmawati S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEJAK merebaknya Covid-19 dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ditetapkan sebagai pengganti kegiatan pembelajaran tatap muka, ternyata dalam pelaksanaannya banyak keluhan yang dirasakan oleh guru, orang tua, maupun siswa sendiri. Guru dituntut menyiapkan model pembelajaran kreatif agar siswa merasa nyaman dan menyenangkan.

Berbagai upaya dilakukan oleh guru, di antaranya menyiapkan rencana pembelajaran maupun memanfaatkan media yang menarik. Kemampuan guru dalam menguasai teknologi digital diuji. Sedangkan pihak siswa, banyak yang kurang disiplin, timbul rasa jenuh (bosan) dan lain-lain. Termasuk lingkungan menjadi faktor yang berengaruh.

Pihak orang tua dituntut menyediakan sarana yang dibutuhkan misalnya laptop, handphone, dan kuota. Bahkan, harus meluangkan waktu ekstra untuk mengawasi, mendampingi putra-putrinya dalam kegiatan belajar di rumah. Hal ini menjadi tugas tidak mudah bagi orang tua terutama yang bekerja.

Tak hanya itu, tidak semua daerah terjangkau sinyal internet, terutama di perdesaan. Jika demikian, seberapa bagusnya media pembelajaran yang dipakai guru dan sarana yang disediakan orang tua, belum tentu mendapatkan hasil sesuai harapan. Beberapa kendala tersebut dirasakan penulis sebagai guru matematika di SMK Negeri 3 Jepara.
Bahkan, hanya beberapa siswa yang merespon ketika PJJ berlangsung. Banyak siswa hanya sekedar absen, setelah itu melakukan kegiatan lain. Alasan lain, ada yang bangun kesiangan, membantu orang tua, mengerjakan tugas mata pelajaran lain yang sudah deadline dan sebagainya. Kalau sudah seperti ini, guru dituntut kerja ekstra sabar.
Sebagai solusi untuk para siswa, perlu pengelolaan waktu (manajemen waktu). Siswa harus belajar mengelola waktu dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan dengan semestinya. Manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik-baiknya, seoptimal mungkin dengan melakukan perencanaan secara terorganisir dan matang.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Geometri Dimensi Tiga

Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam pengelolaan waktu, 1) buatlah jadwal harian. Catat seluruh aktivitas sehari-hari yang sering dilakukan berikut alokasi waktunya. 2) Waktu yang realistis. Pengalokasian waktu yang tidak realistis dapat membuat jadwal yang sudah dibuat menjadi kacau. 3) Dahulukan kegiatan yang utama. Dahulukan kegiatan yang benar-benar penting. 4) Fokus dan konsisten. Harus berani mengatakan “tidak“ pada hal-hal yang dapat mengganggu jadwal yang sudah direncanakan. 5) Tandai kegiatan yang sudah dilakukan. Maka akan dapat melakukan refleksi, melanjutkan kegiatan berikutnya atau mencari penyebab dari kegiatan yang tidak terlaksana. 6) Evaluasi. Kegiatan evaluasi bisa dilakukan pada malam hari atau pada saat weekend. 7) Mintalah dukungan keluarga. Sebagus apapun kegiatan yang direncanakan, jika tidak ada dukungan keluarga, mustahil dapat terlaksana dengan baik.

Hal-hal yang harus dihindari dalam pengelolaan waktu, 1) suka menunda pekerjaan, sehingga menumpuk bahkan berbenturan dengan kegiatan selanjutnya. 2) Terlalu perfeksionis. Kurangi kadar terlalu perfeksionis, karena segala sesuatu yang berlebihan itu kurang baik. 3) Tidak mampu membuat skala prioritas. Jika sudah mampu memahami kepentingan atau tingkat urgensi dari sutu kegiatan, maka dapat menyusun skala prioritas untuk memudahkan mengerjakan pekerjaan. Meski awalnya berat, namun jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh akan memetik hasil yang baik. Mari belajar mengelola waktu dengan baik agar pembelajaran dapat berjalan dengan nyaman. (pai1/ida)

Baca juga:   Metode Pembelajaran Drill Tingkatkan Prestasi Belajar Akuntansi

Guru Matematika di SMK Negeri 3 Jepara

Author

Populer

Lainnya