Video Pembelajaran Solusi Masa Pandemi Covid-19

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DI masa pandemi Covid-19 sekarang ini, berimbas di seluruh bidang kehidupan. Semua mengeluh dan merasa merugi, baik pedagang, pengusaha, tenaga kesehatan, dan bahkan dunia pendidikan baik kelas rendah sampai kelas tinggi dan lanjutan. Guru merasa resah dan orang tua merasa bingung. Hal ini terjadi di kelas VI SDN 1 Gubugsari, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal. Guru kelas sering mendengar keluhan orang tua tentang kesulitan belajar anak di rumah. Padahal, guru sudah menggunakan model pembelajaran melalui video dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menurut Cheppy Riyana (2007), media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Video merupakan bahan pembelajaran tampak dengar (audio visual) yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan/materi pelajaran. Dikatakan, tampak dengar karena unsur dengar (audio) dan unsur visual/video (tampak) dapat disajikan serentak.
Tujuan penggunaan media video adalah untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas.

Baca juga:   Metode Picture and Picture Bikin Belajar Caption Jadi Asyik

Informasi akan mudah dimengerti karena indera, terutama telinga dan mata, digunakan untuk menyerap informasi. Tujuan lainnya adalah dapat memperjelas dan mempermudah penyampaian pesan agar tidak terlalu verbalistis. Video juga bisa mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera peserta didik maupun instruktur.

Kelebihan dan manfaat menggunakan media video pembelajaran adalah sebagai berikut, 1) dapat melatih siswa untuk mengembangkan daya imajinasi yang abstrak, 2) dapat merangsang partisipasi aktif para siswa, 3) menyajikan pesan dan informasi secara serempak bagi seluruh siswa, 4) membangkitkan motivasi belajar, 5) mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, 6) dapat menyajikan laporan-laporan yang aktual dan orisinil yang sulit dengan menggunakan media lain, dan 7) mengontrol arah dan kecepatan belajar siswa.

Langkah-langkah penggunaan media video pembelajaran adalah, 1) guru menjelaskan tentang kegunaan video pembelajaran di masa pandemi melalui suara (voice), 2) guru menyampaikan jadwal menonton video pembelajaran materi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, 3) guru mengirimkan video pembelajaran melalui group whatsApp, 4) guru memberi kesempatan siswa menonton berulang-ulang untuk memahami materi, 5) guru memberikan kesempatan tanya jawab melalui suara (voice) atau whatsapp, 6) guru memberikan tugas melalui whatsapp yang sudah dipersiapkan, 7) siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan jawaban yang ditulis di buku tugas dan di foto dirimkan melalui group whatsapp, 8) setiap hari Sabtu pagi semua siswa mengumpulkan buku ke sekolah melalui perwakilan kelompok, 9) senin pagi ketua kelompok datang ke sekolah untuk mengambil buku tugas yang sudah dinilai guru, 10) guru mengirimkan hasil nilai tugas siswa siswa ke group whatsapp dan mengapreasi nilai yang sudah baik dan memotivasi bagi siswa yang nilainya masih rendah di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Baca juga:   UKK di Masa Pandemi

Setelah guru mengajar dengan model video pembelajaran, ternyata siswa merasa senang dan terlihat dari semua hasil tugas yang dikerjakan siswa. Bahkan, semua siswa memeroleh nilai di atas KKM. Hal ini sangat menggembirakan guru dan orang tua. (pai2/ida)

Guru SDN 1 Gubugsari, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya