Kenali Persebaran Flora Fauna Dunia dengan Ballon Pop Games

Oleh : Pudya Saras Ati S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBERLAKUAN kurikulum dalam kondisi khusus, bertujuan mengurangi beban yang harus dicapai siswa. Namun, bukan berarti menghilangkan poin utama pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh guru. Pemberian materi, terutama materi esensial justru memberikan tantangan bagi guru untuk membawa siswa mencapai kemampuan paripurna, meski dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum diketahui ujungnya.

Materi kelas XI mata pelajaran Geografi pada KD.1 adalah tentang persebaran flora fauna Indonesia dan dunia. Siswa diajak memahami persebaran flora fauna sesuai dengan kondisi ekosistem pada masing-masing wilayah. Materi diawali dengan pemahaman tentang biosfer, serta unsur biosfer sebagai pendukung flora fauna di dunia. Bagian yang cukup menantang dan membutuhkan pemilihan cara penyampaian materi secara pas adalah pada sub materi berikutnya, yaitu menanamkan pemahaman tentang pembagian wilayah flora dan fauna dunia. Pada sub materi ini, siswa diajak untuk memahami persebaran wilayah flora yang terbagi menjadi 6 (enam) macam bioma, serta persebaran 6 (enam) wilayah fauna dunia beserta karakteristiknya.

Kegiatan pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 1 Subah mengalami beberapa kendala pada proses. Di antaranya, guru sulit mengajak diskusi secara interaktif dalam pembelajaran online. Selain itu, siswa lebih cepat jenuh karena setiap hari harus berhadapan dengan laptop maupun gawai selama berjam-jam. Kondisi ini disebabkan, salah satunya karena antara guru dan siswa tidak dapat berinteraksi secara tatap muka. Kondisi siswa yang sebagian besar berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah, tentunya menjadi pertimbangan ketika akan melakukan pembelajaran dengan webinar. Maka, guru mendapat PR cukup besar untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik dan menantang sehingga siswa terus bergairah untuk belajar.

Baca juga:   Pembelajaran Daring Materi Gerak Tumbuhan dengan Youtube

Kegiatan yang cukup menarik dilakukan siswa adalah melakukan permainan (game). Pembelajaran melalui sebuah permainan akan membuang rasa jenuh menghadapi laptop maupun gawai dalam durasi cukup lama. Selain itu, siswa akan merasa tertantang mendapatkan skor tertinggi pada setiap permainan yang dilakukan, sehingga gairah belajar kembali membara pada setiap siswa.

Ballon Pop Games, merupakan salah satu permainan yang dibuat secara sederhana oleh guru melalui situs online, yakni wordwall.net. Guru mengajak siswa menyelesaikan permainan online dalam beberapa level dengan tingkat kesulitan yang berjenjang. Meski sederhana, melalui Ballon Pop Games ini siswa diajak berpikir secara cepat, cermat, dan tepat. Artinya, secara tidak langsung mereka ditantang untuk menghafal dan memahami tentang konten yang ada di dalamnya. Melalui tantangan permainan, akan memancing rasa ingin tahu siswa menjadi bertambah.

Terkait dengan sub materi persebaran flora fauna dunia, siswa diharapkan dapat menghafal dan memahami pembagian enam wilayah bioma serta enam wilayah persebaran fauna di dunia. Tentunya dengan bersemangat, cepat, dan menyenangkan, tanpa rasa beban. Ini selaras dengan amanah Mendikbud, yaitu merdeka belajar. Bahkan mereka bisa mengulang-ulang kembali bermain sampai mendapatkan skor tertinggi. Artinya siswa telah memahami secara tuntas materi yang dipelajari. Selain menyenangkan bagi siswa, beban guru terkurangi, karena tak perlu menjelaskan panjang lebar serta takut akan di-kacangi dalam forum diskusi. Hasil akhir dari permainan yang telah diselesaikan siswa, dapat menjadi acuan penilaian belajar bagi guru. Bahkan, guru dapat langsung mengukur tingkat ketercapaian pembelajaran pada saat itu juga. (ips2/ida)

Baca juga:   Google Classroom Motivasi Home Learning IPA

SMA Negeri 1 Subah, Kabupaten Batang

Author

Populer

Lainnya