Belajar Menulis Kreatif Melalui Media Aplikasi Canva

Oleh : Ade Sari Dewi Irma Jaya, M.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kegiatan menulis bukanlah hal yang mudah bagi siswa. Membutuhkan proses panjang untuk menjadi seorang penulis handal. Untuk menjadi seorang penulis pun membutuhkan pengalaman terus menerus dalam berlatih. Terutama dalam memperbanyak referensi bacaan dan juga berlatih menulis dalam berbagai genre. Saat ini, kemampuan membaca siswa pun mengalami penurunan. Hal inilah yang menjadi pemicu kurangnya minat siswa untuk menulis walaupun hanya satu paragraf.

Keadaan ini pun banyak dialami siswa SMP Negeri 1 Kedungjati. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, menulis menjadi hal yang paling sulit. Siswa masih harus memikirkan kosa kata yang tepat dan juga tata bahasa yang benar. Belum lagi ditambah dengan kurang menariknya kegiatan menulis yang disajikan oleh guru.

Menurut Nurjamal dalam Sumirat, Darwis (2011:69) menerangkan bahwa menulis merupakan sebuah keterampilan berbahasa seseorang yang didalamnya mengemukakan sebuah gagasan, perasaan, dan juga pemikiran-pemikiran yang dimiliki kepada orang ataupun pihak lainnya dengan menggunakan sebuah media tulisan. Media tulisan salah satunya juga bisa menggunakan aplikasi baik dari komputer ataupun gawai. Menurut Rachmad Hakim S., aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur windows, permainan (game) dan sebagainya.

Baca juga:   Kombinasi Sway dan WA Grup Pembelajaran PJOK lebih Efektif

Adapun aplikasi yang digunakan sebagai media menulis adalah Canva. Canva adalah sebuah alat untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara daring. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Aplikasi ini pun dapat dengan mudah di download melalui playstore yang tersedia di gawai android ataupun iPhone.

Di masa pandemi Corona saat ini, penggunaan aplikasi Canva sangatlah tepat. Harapannya agar siswa dapat dengan mudah belajar menulis melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan aplikasi ini. Walaupun tanpa tatap muka, kegiatan ini akan tetap berjalan dengan baik karena rata-rata siswa sudah mempunyai gadget yang mumpuni. Adapun materi yang disajikan pada pembelajaran menulis kali ini yaitu kompetensi dasar 3.1 kelas sembilan semester gasal mengenai ucapan selamat (congratulation) dan harapan (hope). Di dalam aplikasi ini banyak sekali pilihan ucapan selamat yang dapat dipilih siswa. Siswa dapat dengan mudah memilih sesuai dengan tulisan yang diinginkan. Mereka juga dapat dengan cepat menuliskan sebuah kartu dengan menggunakan template yang disediakan.

Baca juga:   Semangat Belajar Matematika dengan Tutor Sebaya

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Pertama, masuk terlebih dahulu ke aplikasi Canva. Bisa diunduh melalui playstore ataupun google. Kedua, pilih jenis template kartu ucapan yang diinginkan. Ada berbagai template yang diberikan. Ketiga, mengedit tulisan yang sudah ada dengan kata yang diinginkan. Tulisan bisa diubah bisa juga tidak. Keempat, mengganti gambar yang diinginkan. Kelima, atur warna dan tata letak tulisan. Keenam, mengunduh dan langsung dikirimkan ke Whatsapp guru untuk diperiksa dan dinilai.

Dengan demikian, penggunaan aplikasi ini sangatlah efektif dan efisien di masa Pandemi ini. Guru tidak perlu repot untuk tatap muka menjelaskan secara detil karena aplikasi ini telah menyiapkan template sesuai keinginan. (ips2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Kedungjati, Kab. Grobogan

Author

Populer

Lainnya