Asyiknya Belajar IPS dengan Game Moncer

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Cakupan materi yang luas dan bersifat hafalan merupakan karakteristik pembelajaran muatan IPS. Karakteristik inilah yang menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar IPS. Sehingga guru harus kreatif dan inovatif dalam mengajar supaya kesulitan siswa dapat teratasi. Guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan menggunakan strategi, metode,, dan media pembelajaran yang tepat sesuai materi pembelajaran.

Dalam pembelajaran IPS di kelas VI SD Negeri Blotongan 03 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga dengan materi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN hasil evaluasi menunjukkan tingkat penguasaan materi sangat kurang.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah bervariasi yang dipadukan dengan gambar-gambar karakteristik negara-negara ASEAN. Tetapi itu semua belum mampu membuat siswa memahami materi, sehingga hasil belajar kurang optimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut guru menggunakan media permainan. Media permainan dipercaya sebagai media pembelajaran yang efektif. Karena pembelajaran dilakukan dengan akif dan menyenangkan. Merujuk dari pendapat Piaget, bermain mampu mengaktifkan otak anak, mengintegrasikan fungsi belahan otak kanan dan kiri secara seimbang dan membentuk struktur syaraf. Serta mengembangkan pilar-pilar syaraf pemahaman yang berguna untuk masa datang. Berkaitan dengan itu otak yang aktif adalah kondisi yang sangat baik untuk menerima pembelajaran. Pengembangan media berbentuk permainan dapat berupa monopoli (Tedjasaputra, 2001).

Baca juga:   Film Pendek Sains sebagai Sumber Literasi yang Menyenangkan

Media permainan yang dibuat guru disebut game moncer (monopoli cerdas). Game moncer dibuat untuk mempermudah siswa memahami muatan pembelajaran IPS. Media ini didesain sedemikian rupa sehingga siswa akan mudah menghafal dan memahami materi.

Pada permainan game moncer siswa dikelompokkan menjadi empat atau lima kelompok. Masing-masing kelompok dibagi satu set permainan game moncer yang terdiri dari media game moncer, aturan permainan, satu set soal yang di belakangnya ada jawabannya. Satu set kartu kejutan, satu set uang mainan, satu set bintang, dadu dan pion untuk bermain. Untuk mempermudah game moncer dalam permainan dibutuhkan bintang dan uang mainan.

Aturan permainan pada game moncer adalah, pertama setiap pemain mengawali permainan dari start. Kedua, setiap pemain yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar mendapat bintang dan uang dua ribu rupiah dan dibolehkan melempar dadu kembali. Ketiga, setiap pemain yang berhenti dalam kotak bonus akan mendapatkan uang dua ribu rupiah. Keempat, setiap pemain yang berhenti pada kotak sosial, wajib membayar uang sosial dua ribu rupiah. Apabila tidak mempunyai uang atau uangnya kurang maka dibebaskan dari dana sosial dan dana sosial menjadi hak bank. Kelima, setiap pemain yang berhenti pada kotak kejutan dapat mengambil kartu kejutan yang telah disediakan.

Baca juga:   Mempelajari IPA Lebih Mudah dengan Menonton Video

Keenam,pPemain yang menang adalah pemain yang mendapatkan bintang dan uang paling banyak. Ketujuh, pemain harus bermain dengan sportif. Langkah-langkah pembelajaran dengan game moncer adalah pertama, guru menyiapkan media game moncer yang berisi beberapa konsep atau topik pembelajaran. Kedua, setiap kelompok mendapatkan satu set media game moncer.

Ketiga, sSetiap siswa berkesempatan bermain dalam kelompoknya menggunakan pion mulai dari start. Setelah menggunakan media game moncer hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini karena game moncer mampu memberikan manfaat bagi pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Selain itu bersifat menyenangkan dan bisa membantu daya ingat siswa memahami materi yang bersifat hafalan sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa. (ips2/lis)

Guru SD Negeri Blotongan 03, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga

Author

Populer

Lainnya