Aplikasi Tiktok dalam Pembelajaran Procedure Bahasa Inggris

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KEBERHASILAN pendidikan dalam mencapai tujuannya sangat bergantung pada proses pendidikan itu sendiri, sehingga perlu adanya perhatian khusus. Tugas guru sebagai pengajar bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan semata, namun guru harus memperhatikan bagaimana cara ia memberikan ilmu pengetahuan dengan membangkitkan keaktifan, kreativitas, mentalitas, motivasi dan menumbuhkan nilai-nilai moral. Ada banyak hal yang mempengaruhi hasil belajar, salah satunya adalah media pembelajaran yang digunakan guru.

Media sebagai sumber belajar berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi pembelajaran, baik berbentuk audio maupun visual, bahkan audio visual. Kehadiran media dalam pembelajaran berperan penting, karena media dapat menjadi pengantar untuk memperjelas materi, bahkan media dapat menyederhanakan sesuatu yang kompleks. Hamalik (dalam Arsyad 2013:19) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi, ransangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis pada siswa.
Penggunaan media juga dapat membantu mempercepat pemahaman, mempermudah penafsiran. Media pembelajaran yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dalam pembelajaran, sehingga memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran. Media juga sebagai bagian yang integratif dengan rancangan pembelajaran yang harus dikuasai guru. Media juga dapat mengubah yang abstrak menjadi konkret. Media pembelajaran sangat mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar para siswa. Maka dari itu, guru harus benar-benar bisa memilah media pembelajaran yang tepat dan sesuai. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Baca juga:   Asyiknya Bermain Word Chain Game untuk Melatih Kosakata

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini dibutuhkan media pembelajaran yang tidak membuat siswa terbebani. Media pembelajaran yang digunakan harus menyesuaikan dengan perubahan tren seperti sekarang ini. Aplikasi tiktok merupakan salah satu apalikasi media sosial yang setiap penggunanya hanya bisa mengunggah video dengan kreasi sesuai yang diinginkan. Di dalam aplikasi tiktok terdapat berbagai fitur mengedit video. Guru tentunya harus bisa mengikuti tren zaman sekarang dan tren yang sedang diikuti oleh siswa. Oleh sebab itu, guru harus bisa memanfaatkannya sebagai media pembelajaran agar siswa merasa tidak kesulitan dalam pembelajaran.

Dalam aplikasi tiktok, banyak pengguna yang membuat video mengenai tutorial/prosedur. Berkaitan dengan materi pembelajaran bahasa Inggris, guru bisa memanfaatkan aplikasi tiktok dalam media pembelajaran bahasa Inggris. Guru bisa menggunakan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran teks prosedur. Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Teks tersebut ditata dengan struktur tujuan dan langkah-langkah. Yang dimaksud tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai. Adapun langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai. Pada teks prosedur, langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya.
Terkait aplikasi tiktok dan pembelajaran teks prosedur guru bisa menggunakan tiktok sebagai media pembelajaran teks prosedur. Karena di dalam tiktok banyak sekali contoh-contoh tutorial/procedure yang sangat kreatif dalam membuat sesuatu. Siswa lebih bisa mengeksplore contoh video procedure yang ada di tiktok. Selain itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran salah satunya membuat video procedure. Guru bisa meminta siswa membuat video procedure sesuai dengan kreativitas siswa. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengedit video procedure tersebut. Secara tidak langsung, siswa juga berlatih speaking. Keunggulan menggunakan aplikasi tiktok adalah siswa bisa lebih kreatif dalam membuat video procedure dan bisa melihat banyak contoh video procedure. Kekurangannya adalah aplikasi tiktok membutuhkan kuota internet yang cukup banyak karena konten yang ada di dalam aplikasi tiktok semua berupa video. (*/ida)

Baca juga:   Sukakoran Permudah Siswa Menulis Puisi Bahasa Inggris

Guru Bahasa Inggris SMAN I Kutasari, Kabupaten Purbalingga

Author

Populer

Lainnya