Pembelajaran Geografi dengan Pemanfaatan Google Earth

Oleh:Rosidah, S.Pd., M.Pd.I.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, NEW normal life memacu guru sebagai praktisi pendidikan untuk semakin inovatif dalam mengemas pembelajaran baik itu secara daring maupun luring. Berbagai strategi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik harus selalu dikembangkan dan dioptimalkan. Jenis media pembelajaran yang bermacam-macam sangat membantu guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuannya agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan dan berujung pada hasil belajar peserta didik yang meningkat.

Salah satu bentuk media pembelajaran Geografi yang dapat diterapkan adalah Google Earth. Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer. Google Earth memetakan bumi dari berbagai posisi yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, foto udara dan globe GIS 3D. Peta dalam Google Earth tersebut dapat di print out untuk pembelajaran Geografi. Sebagai contoh penerapan media Google Earth untuk memvisualisasikan tempat dan bentuk objek hidrologi berupa perairan darat.

Pemilihan media Google Earth untuk kegiatan pembelajaran dikarenakan Google Earth dapat menvisualisasikan bentuk muka bumi secara nyata sesuai dengan keadaan di lapangan melalui media elektronik komputerisasi sehingga lebih mudah dan praktis untuk membantu penyampaian materi pembelajaran, dengan melihat visualisasi dari Google Earth ditambah data model elevasi digital diharapkan peserta didik mampu mengidentifikasi keadaan lingkungannya terhadap wilayah di sekitar lingkungan (Ardyodyantoro, 2014).

Baca juga:   Tingkatkan Minat Belajar Bahasa Arab melalui Gambar

Sebagai contoh dengan memahami kondisi tersebut peserta didik akan tahu bahwa wilayah tempat tinggal mereka merupakan wilayah intermountain basin yang rawan akan bencana hidrologi berupa banjir. Selain itu dengan fitur Google Earth peserta didik dapat mengidentifikasi dan menentukan wilayah mana yang mungkin terkena banjir dan tidak terkena banjir karena dengan aplikasi ini peserta didik dapat melihat ketinggian wilayah. Fitur Google Earth yang dapat membantu peserta didik untuk melihat objek kajian yang akan dipelajari dilapangan seperti untuk melihat secara keseluruhan mulai bagian hulu, tengah dan hilir. Dari visualisasi tersebut peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik bagian hulu, tengah dan hilir bedasarkan bukti nyata yang diperoleh dari Google Earth.
Google Earth ini dapat menampilkan juga data topografi wilayah dipermukaan bumi sehingga wilayah dipermukaan bumi dapat dilihat secara tiga dimensi, dengan fitur ini peserta didik dapat melihat kondisi lingkungan fisik seperti penggunaan lahan, ketingggian dan kemiringan lereng, selain itu aplikasi ini juga dapat menyajikan vertical elevation suatu wilayah sehingga kita dapat di ketahui ketinggian wilayah tertentu, fitur ini dapat digunakan sebagai analisis bencana hidrologi, dalam fitur vertical elevation ini dapat menggambarkan bencana seperti bencana banjir dari data vertical elevation dalam aplikasi Google Earth peserta didik dapat melihat wilayah yang memiliki topografi yang landai dan yang terjalsehingga dapat diketahui wilayah yang rawan dan tidak rawan bencana banjir, diharapkan dari penggunaan media Google Earth sebagai media untuk penyampaian materi hubungan manusia dan dinamika hidrosfer dapat membantu peserta didik untuk menciptakan sebuah pemahaman tidak hanya materi hidrologi saja namun juga terhadap permasalahan seperti persoalan ke bencana hidrologi.

Baca juga:   Penggunaan Media Peta pada Geografi Negara-Negara ASEAN

Google Earth merupakan aplikasi yang mencakup peta seluruh dunia, kita bisa mencari lokasi hanya dengan mengetikkan nama tempat lokasi yang diinginkan sehingga proses akan lebih cepat dan efisien. Google Earth memiliki berbagai keunggulan sebagai media pembelajaran Geografi, antara lain dengan memanfaatkan Google Earth, seolah-olah peserta didik dapat melihat dunia secara praktis dari atas.
Google Earth memungkinkan peserta didik MAN 1 Semarang Kab. Semarang dalam pembelajaran Geografi menjadi lebih termotivasi dan lebih aktif di dalam kegiatan pembelajaran, karena media tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik sehingga pemahaman peserta didik akan materi yang di ajarkan akan semakin meningkat. Dengan media Google Earth memungkinkan pembelajaran akan lebih bermakna dan memungkinkan peserta didik untuk menyelesaikan suatu permasalahan lebih cepat karena rasa penasaran dan ketertarikan mereka terhadap media tersebut. (pai1/zal)

Guru Geografi MAN 1 Kabupaten Semarang

Author

Populer

Lainnya