Optimalisasi Media Pembelajaran sebagai Sarana Penunjang Belajar Siswa SD

Khusnul Fatimah,S.Pd,.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perencanaan media pembelajaran di Sekolah Dasar Perencanaan media pembelajaran di SDN 1 Kutosari dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran di setiap kelas. Jika di lingkungan sekitar sudah tersedia, maka tidak perlu membeli. Media yang belum ada direncanakan pengadaannya dengan alokasi dana BOS dan bantuan wali murid.

Media pembelajaran di SDN 1 Kutosari direncanakan dengan diskusi dan rapat dewan guru agar pengambilan media lebih tepat dan terarah pada tujuan pembelajaran. Perencanaan media pembelajaran juga dibahas di forum KKG satu dabin untuk memberi gambaran secara umum. Perencanaan penggunaan media pembelajaran berupa IT sudah dilaksanakan untuk mengikuti arus globalisasi agar tidak ketinggalan.

Temuan di atas sejalan dengan penelitian Tim de Jong (2008) yang menyatakan bahwa perencanaan untuk membuat dan menyediakan objek belajar sehingga dapat digunakan menjadi media pembelajaran dianggap sangat penting. Tim de jong mengunakan media mobile learning dalam pembelajaran karena telah mengikuti perubahan teknologi. Persiapan penggunaan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran seperti mobile learning juga mempermudah penyampaian materi pembelajaran kepada siswa.

Baca juga:   Reward dapat Meningkatkan Semangat Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang

Perencanaan media pembelajaran merupakan bagian dari pengembangan kompetensi professional guru. Hal ini menguatkan penelitian 11 Danilo & Bujokas (2014) menyimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Untuk peningkatan kompetensi guru, pemerintah didorong untuk memberi lebih banyak dukungan keuangan kepada sekolah untuk menyediakan infrastruktur dasar seperti ruang kelas, laboratorium, buku-buku pelajaran. Pemerintah juga harus merekrut guru terlatih yang kompeten dan memadai dan menyebarkan mereka ke suluruh sekolah.

Pentingnya keberadaan media pembelajaran tidak terlepas dari beberapa pendekatan pembelajaran modern yang berorientasi kepada pemusatan pembelajaran pada siswa (student centre). Orientasi pembelajaran modern ini ikut mempengaruhi keharusan ketersediaan media pembelajaran yang mendukung siswa dalam belajar. Orientasi pembelajaran ini baik secara individual, klasikal maupun kelompok. Saat ini pemanfaatan media pembelajaran tidak hanya berfokus pada guru.

Sebenarnya banyak hal yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Namun karena pengelolaan dan penyediaan media pembelajaran yang tidak tepat membuat sumber-sumber yang sebenarnya tersedia melimpah itu tidak termanfaatkan. Banyak guru yang kurang memahami secara menyeluruh dan komprehensif tentang media pembelajaran, peranan media pembelajaran, perkembangan media pembelajaran, dan cara-cara mengoptimalkan media pembelajaran.

Baca juga:   Quizz, Media Pembelajaran yang Menyenangkan di Tengah Pandemi

Salah satu cara yang digunakan agar perencanaan media pembelajaran dalam pelaksanaan dapat digunakan secara optimal adalah diskusi dan konfirmasi dengan guru lain. Perencanaan media juga sangat penting karena menyangkut proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Pemilihan jenis media yang relevan dengan materi pembelajaran akan menarik minat siswa untuk belajar. Siswa juga tidak cepat jenuh dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran bisa bermakna. Hasil evaluasi dari proses pembelajaran siswa bias tercapai secara optimal. (pai2/ton)

Guru Kelas SD Negeri Kutosari Kec. Doro, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya