MLM Sihol Mempermudah Repesentasi Diagram Getaran Harmonik

Oleh: Surtini S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SAAT ini hampir semua roda kehidupan terdampak covid-19 termasuk dalam bidang pendidikan. Sejak pertengahan bulan Maret 2020 hingga sekarang SMAN 1 Muntilan melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran melalui daring mensyaratkan peserta didik harus memiliki komputer atau handphone/ smartphone serta koneksi internet yang stabil. Sedang guru dituntut mampu merancang pembelajaran dengan menggunakan media yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk belajar secara mandiri di rumah. Pembelajaran mandiri bisa laksanakan dengan menggunakan modul.
Peserta didik saat ini merupakan anak generasi milenial atau sering disebut dengan generasi Z. Generasi milenial memiliki karakteristik dekat dengan teknologi (Ciliers, 2017). Oleh karena itu di era revolusi 4.0 sudah seharusnya guru menyiapkan pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi (Borokhovski, Bernard, Tamim, Schmid, & Sokolovskaya, 2016). Peserta didik lebih berminat untuk belajar melalui multimedia. Dengan multimedia pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih bermakna, dan pada akhirnya meningkatkan kemampuan peserta didik. Multimedia yang dapat digunakan diantaanya berupa MLM (Multimedia Learning Modules) yang dikombinasi dengan media lainnya.

Baca juga:   Google Classroom Solusi Pembelajaran Daring Impuls dan Momentum

Kemampuan peserta didik dalam belajar fisika salah satunya kemampuan representasi. Penguasaan representasi matematis peserta didik diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan terutama dalam fisika (Johansson, 2016). Pembelajaran fisika memerlukan representasi diagram dan representasi matematis. Representasi diagram agar peserta didik mampu memahami gambaran dari teori yang ada, sedangkan representasi matematis agar peserta didik dapat memahami teori secara matematis. Kedua representasi ini sangat erat kaitannya dalam memecahkan masalah fisika, sehingga perlu ditingkatkan pada peserta didik.

Untuk meningkatkan kemampuan representasi diagram dan reprenstasi matematis peserta didik dalam belajar Gerak Harmonik guru dapat menggunakan media MLM. Media pembelajaran ini berupa modul yang dilengkapi dengan simulasi hologram. MLM yang digunakan ini berbasis android yang dapat di download oleh peserta didik kemudian digunakan untuk pembelajaran mandiri. Penyampaian media pembelajaran dan soal menggunakan platform Schoology.

MLM adalah akronim dari Multimedia Learning Modules, sedangkan Sihol adalah akronim dari simulasi hologram. MLM Sihol merupakan kombinasi MLM dengan simulasi hologram yang digunakan dalam pemebelajaran Gerak Harmonik.

Baca juga:   Physics Fun Pembelajaran Fisika Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi

Dengan menggunakan MLM dilengkapi simulasi hologram proses pembelajaran melalui 5M (mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan) terlaksana dengan baik. Selain itu, penggunaan MLM dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan tertarik dalam pembelajaran fisika. Hologram yang digunakan mampu memudahkan peserta didik untuk mengamati gejala fisika gerak harmonic pada bandul dan pegas. Penggunaan MLM dilengkapi hologram dapat dilakukan secara individu oleh masing – masing peserta didik. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung pada materi gerak harmonik sesuai dengan materi yang berlangsung pada kelas oleh guru melalui kelas virtual schoology.

Implementasi dari pembelajaran menggunakan MLM Sihol di kelas virtual ternyata mampu membantu peserta didik untuk lebih mudah memahami materi gerak harmonik. Dan gurupun lebih mudah mengarahkan peserta didik untuk belajar, meskipun dari rumah masing- masing. (pai2/zal)

Guru Fisika SMAN 1 Muntilan, Kabupaten Magelang

Author

Populer

Lainnya