Pembelajaran Sifat–Sifat Himpunan dengan Indeks Card Macth

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PROSES pembelajaran matematika lebih bermakna dan memiliki hasil tinggi, jika guru kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dirancang sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarsiswa, siswa dengan guru, dan sumber belajar lainnya.
Pada kompetensi menjelaskan materi sifat–sifat himpunan belum sepenuhnya siswa kelas VII SMP Negeri 4 Comal Pemalang menguasai kompetensi ini dengan baik. Dari hasil pengamatan penulis, di akhir pembelajaran dalam kompetensi dasar tersebut, belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Terbukti dalam hal uji kompetensi ulangan harian, sebagian siswa saja yang memenuhi ketuntasan belajar. Oleh karena itu, penulis dalam mengajar materi sifat-sifat himpunan menerapkan model pembelajaran yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak alat/media yang rumit. Salah satunya dengan model pembelajaran Index Card Macth/ICM (Mencari Pasangan).

Menurut Zaeni (2008:67), pembelajaran Index Card Macth (Mencari Pasangan) cukup menyenangkan digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Materi baru pun tetap bisa diajarkan dengan catatan peserta didik diberi tugas mempelajari topik yang diajarkan terlebih dahulu, sehingga peserta didik ketika masuk ruangan kelas sudah memiliki bekal pengetahuan. Langkah-langkahnya, pertama, guru membuat potongan kertas/kartu sebanyak sejumlah peserta didik yang ada di kelas. Kertas tersebut dibagi menjadi 2 bagian yang sama. Pada separo kertas ditulis pertanyaan tentang materi yang diajarkan, setiap kertas satu pertanyaan. Pada separo kertas yang lain ditulis jawaban dari pertanyaan–pertanyaan yang sudah dibuat. Kedua, sebelum dibagikan, kartu dikocok terlebih dahulu, sehingga tercampur antara soal dan jawaban. Setiap peserta didik diberi satu kartu. Ketiga, guru menjelaskan bahwa aktivitas yang dilakukan berpasangan, separo peserta didik mendapat soal dan separonya lagi akan mendapat jawaban. Mintalah peserta didik untuk mencari pasangan, jika sudah ada yang menemukan pasangan, minta mereka untuk duduk/berdiri berdekatan. Keempat, terangkan agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan kepada peserta didik lain. Kelima, setelah semua peserta didik menemukan pasangan dan duduk/berdiri berdekatan, minta setiap pasangan bergantian untuk membacakan soal yang diperoleh dengan keras kepada teman–teman yang lain.

Baca juga:   Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Lebih Bermakna dengan Snowball Throwing

Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangan–pasangannya yang lain. Akhir pembelajaran ini, dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan. Hasil belajar yang dicapai dalam KD ini (menjelaskan sifat-sifat himpunan), terbukti dapat meningkatkan semangat belajar dan hasil belajar. Dengan model pembelajaran Index Card Macth, peserta didik dapat belajar aktif dan berjiwa mandiri. Walaupun dilakukan dengan cara bermain, model pembelajaran ini dapat merangsang peserta didik untuk melakukan aktivitas belajar secara bertanggung jawab dan disiplin, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Comal Kabupaten Pemalang dapat meningkat.

Model pembelajaran ini sangat dapat digunakan di dalam sekolah dengan kondisi geografis di pedesaan. Cukup jauh dari perkotaan, sehingga tidak semua fasilitas untuk belajar mengajar selalu ada dan tersedia. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para pendidik untuk dapat memotivasi semangat belajar sesuai dengan model pembelajaran yang tepat tentunya. (bp1/ida)

Guru Matematika SMP Negeri 4 Comal, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya