Pahami Materi Pesawat Sederhana dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan adalah proses menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran diselenggarakan pada semua jenjang pendidikan dasar 9 tahun. Pengajaran sebagai aktivitas operasional kependidikan dilaksanakan oleh tenaga pendidik/guru.

Dalam proses pendidikan berlangsung, tentunya ada interaksi antara guru dan siswa sehingga terjadi proses belajar dan mengajar. Ilmu Pengetahuan Alam yang merupakan salah satu bidang studi yang diajarkan mulai dari jenjang pendidikan menengah pertama berperan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pada era sekarang ini.

Pembelajaran IPA pada dasarnya bertujuan untuk membantu melatih pola pikir peserta didik agar dapat memecahkan masalah dengan kritis, logis, cermat dan tepat. Disamping itu agar siswa terbentuk kepribadiannya serta terampil menggunakan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari. Namun banyak siswa yang menganggap bahwa IPA itu pelajaran yang menakutkan.

Sehingga menimbulkan kejenuhan pada sebagian peserta didik untuk mempelajari IPA sehingga dalam proses belajar mengajar siswa cenderung tidak memusatkan perhatiannya atau konsentrasinya dalam proses belajar mengajar bahkan sering dijumpai siswa cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran.

Baca juga:   Belajar Jenis-Jenis Daun melalui Observasi Lingkungan Sekolah

Oleh karena itu dalam pembelajaran IPA membutuhkan metode ataupun strategi yang tepat. Pesawat sederhana merupakan salah satu materi dalam IPA SMP kelas 8 yang perlu ditingkatkan dalam perolehan hasil belajarnya. Seorang guru ditekankan untuk memilih satu strategi pembelajaran yang tepat dan dapat melibatkan atau mengaktifkan siswa dalam belajar.

Salah satu alternatif yang dapat melibatkan siswa dan membangkitkan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar adalah strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide. Dalam strategi ini, siswa diminta untuk mengungkapkan pandangan mereka tentang topik pelajaran semenjak awal dan kemudian menilai kembali pandangan ini pada akhir pelajaran.

Selain itu, dalam strategi ini pula siswa diharapkan dapat mempertahankan perhatiannya selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa dituntut untuk mencocokkan prediksi-prediksi mereka dengan materi yang disampaikan oleh guru maupun yang mereka peroleh dari sumber belajar. Pembelajaran aktif tipe prediction guide diharapkan dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide dalam proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran aktif tipe prediction guide merupakan suatu strategi pembelajaran aktif menuntut siswa untuk mengungkapkan pandangan mereka tentang topik pelajaran semenjak awal dan kemudian menilai kembali pandangan ini pada akhir pelajaran.
Hasil belajar yang dimaksudkan adalah hasil belajar yang diperoleh dari nilai hasil tes sebelum proses belajar mengajar berlangsung (pre-test) dan test sesudah proses belajar mengajar berlangsung (post-test ) mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana tersebut.

Baca juga:   Metode Pembelajaran Drill Tingkatkan Prestasi Belajar Akuntansi

Dalam masa pandemi ini, dimana pembelajaran masih menggunakan proses pembelajaran jarak jauh/ online/ daring, maka untuk pemberian soal tes dapat menggunakan aplikasi google form. Ada 2 soal yang diberikan untuk tes awal dan tes akhir. Sedangkan untuk penyampaian materi pembelajaran dapat menggunakan power point atau meng-uplod video pembelajaran baik melalui google classroom maupun WhatsApp. (bp1/lis)

Guru IPA SMPN 1 Wonokerto, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya