Animasi 3D sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Tujuan menggunakan media pembelajaran diantaranya yaitu mempermudah proses belajar dan mengajar, meningkatkan efisiensi belajar mengajar, menjaga efektifitas dengan tujuan belajar serta membantu meningkatkan konsentrasi peserta didik (Binanto, 2010).

Salah satu cara yang dilakukan penulis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Lebakbarang dalam mempelajari materi percakapan transaksional dan interpersonal adalah dengan menggunakan media pembelajaran animasi 3D yang diunggah di channel YouTube penulis, “guru nggunung”. Menurut Furoidah (2009), media animasi pembelajaran merupakan media yang berisi kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi dengan audio sehingga berkesan hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran.

Pembuatan media pembelajaran animasi 3D ini memanfaatkan kolaborasi aplikasi Plotagon Story dan Kinemaster. Plotagon Story adalah sebuah aplikasi android yang mampu mengkreasikan film animasi dari setiap screenplay yang dituliskan sebelumnya. Aplikasi tersebut terbilang inovatif, karena melalui alur yang dituliskan di platform tersebut, para penulis naskah dapat langsung mengetahui jalan cerita yang mereka tulis secara real-time. Setiap adegan yang tampil, akan menyesuaikan dengan apa yang penulis gambarkan pada cerita. Bahkan, para penulis pun dapat mengolah film animasi mereka tersebut secara detil, mulai dari segi dialog, tampilan animasi hingga aspek lainnya. Sedangkan Kinemaster merupakan aplikasi editing video dari android yang dengan hanya beberapa sentuhan dan memadukan tema, animasi, efek video dapat menghasilkan karya imajinasi layaknya seorang editor video profesional. Dengan menggunakan kedua aplikasi tersebut penulis dapat membuat animasi 3D sederhana tentang percakapan transaksional dan interpersonal dan kemudian mengunggahnya ke channel YouTube untuk dapat digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:   Belajar Bahasa Inggris Mudah dengan Running Dictation

Kelebihan menggunakan media pembelajaran animasi antara lain dapat memotivasi siswa untuk memperhatikan karena menghadirkan daya tarik bagi siswa terutama animasi yang dilengkapi dengan suara, memiliki lebih dari satu media yang konvergen (menggabungkan unsur audio dan visual), bersifat interaktif (memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna), dan bersifat mandiri (memberi kemudahan kepada pengguna sehingga dapat menggunakannya tanpa bimbingan orang lain). Namun, media pembelajaran ini juga mempunyai kelemahan yaitu memerlukan kreatifitas dan keterampilan yang cukup memadai untuk mendesain animasi yang dapat secara efektif digunakan sebagai media pembelajaran, guru sebagai komunikator dan fasilitator harus memiliki kemampuan memahami siswanya, bukan memanjakannya dengan berbagai animasi pembelajaran yang cukup jelas tanpa adanya usaha belajar dari mereka atau penyajian informasi yang terlalu banyak dalam satu frame cenderung akan sulit dicerna siswa.

Sebelum menggunakan media, guru harus secara cermat memilih media yang cocok untuk kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatif media yang dapat digunakan selama pembelajaran jarak jauh adalah media pembelajaran animasi. Pembelajaran daring dengan memanfaatkan media pembelajaran animasi dapat menciptakan pembelajaran yang efektif, menyenangkan, tidak membosankan sehingga mempercepat proses penyampaian materi kepada siswa. (ips2.2/aro)

Baca juga:   Tingkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Scrabbles

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Lebakbarang, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya