Hafalan Surah-Surah Pendek Selama Pandemi dengan Daring

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Karena pandemi Covid-19 maka Kemendikbud menentukan tata cara proses pembelajaran jarak jauh tahun ajaran 2020-2021. Pemerintah menetapkan dua model pelaksanaan kegiatan pembelajaran, yaitu pembelajaran dari rumah (BDR) untuk daerah-daerah di zone merah, orange dan kuning, dan pembelajaran tatap muka (BTM) bagi daerah-daerah di zona hijau dengan mengikuti protokol kesehatan.

Dalam kegiatan pembelajaran PABP terdapat materi membaca dan hafalan surah-surat pendek.Guru harus menggunakam metode menghafal yang akan diberikan kepada siswa melalui daring (WhastApp). Dalam pembelajaran ini guru menggunakan metode hafalan.

Metode hafalan (makhfudzat) adalah suatu teknik yang digunakan oleh seorang pendidik dengan menyerukan peserta didiknya untuk menghafalkan sejumlah kata-kata (mufradat) atau kalimat-kalimat maupun kaidah-kaidah.

Metode menghafal adalah cara yang tepat dan cepat dalam melakukan kegiatan belajar mengajar pada bidang pelajaran dengan menerapkan menghafal yakni mengucapkan di luar kepala tanpa melihat buku atau catatan lain dalam pengajaran pelajaran tersebut.

Tujuan metode ini agar peserta didik mampu mengingat pelajaran yang diketahui serta melatih daya kognisi, ingatan, dan imajinasi. Metode menghafal mempunyai beberapa kelebihan. Yakni menumbuhkan minat baca siswa dan lebih giat dalam belajar, pengetahuan yang diperoleh siswa tidak akan mudah hilang karena sudah dihafalnya. Siswa berkesempatan untuk memupuk perkembangan dan keberanian, bertanggung jawab serta mandiri. Membangkitkan rasa percaya diri.

Baca juga:   Senangnya Hafal Surat Al-Ma’un melalui Picture and Picture

Sedangkan kelemahannya pola pikir seseorang cenderung statis karena hanya mengetahui apa yang dihafalnya saja. Tidak dapat berargumen menurut pemahamannya sendiri. Karena argumen yang ia sampaikan di sekolah hanya dari hasil menghafal materi pelajaran. Kesulitan menuangkan ide-ide atau gagasan-gagasannya karena tidak terbiasa. Pembelajaran dengan metode menghafal saat pendemi saat ini melalui daring whatsapp cenderung banyak mengalami kesulitan dalam pembetulan yang akan dilakukan oleh seorang guru ketika siswa mengirimkan hasil hafalan tugas dari guru.
Dalam pembelajaran PABP menggunakan metode hafalan mempunyai kendala ketika lafalan yang diucapkan oleh siswa dan direkam menggunakan audio maupun video yang kemudian dikirim melalui whatsapp, hasil kiriman tersebut kadang tidak jelas baik dari suara maupun gambar yang dihasilkan.

Selain itu anak-anak belum tentu hasil dari hafalan sendiri, bisa saja dengan cara membaca dan direkam lewat audio. Dalam hal ini nilai kejujuran lebih ditekankan karena anak tersebut benar-benar hafal atau tidak. Kendala lain yang sering ditemukan ketika menggunakan metode hafalan surat-surat pendek dalam Alquran adalah, keluhan cara pembelajaran melalui alat elektonik yang membutuhkan jaringan internet dan orang tua murid dituntut untuk selalu stand by membimbing putra-putrinya dalam mengerjakan tugas sekolah.

Baca juga:   Menghafal Mufrodad dengan Bersalawat

Padahal mereka juga harus bekerja, apalagi mata pencaharian orang tua siswa SDN 04 Asemdoyong sebagian besar adalah nelayan dan petani. Sehingga tidak mungkin selalu ada waktu untuk mendampingi anaknya dalam kegiatan daring melalui whastapp.

Peranan orang tua benar-benar dibutuhkan dalam membimbing putra putrinya dalam menghafal surah-surah pendek yang telah ditugaskan kepada murid-muridnya. Maka, guru mengambil kesimpulan, pembelajaran daring dengan metode menghafal belum bisa membuat siswa memahami dan menghafal dengan baik dan benar secara keseluruhan dari jumah siswa.

Adapun beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi dalam menerapkan metode menghafal, yaitu apa saja yang akan dihafalkan oleh siswa sebaiknya terlebih dahulu diterangkan oleh guru sehingga siswa benar-benar memahami materi pelajarannya. Jangan sampai siswa hanya menghafal sedangkan ia belum paham.

Menghafal harus diberi latar belakang dan penjelasan yang cukup. Dengan demikian bahan tersebut akan lebih mudah dihafal dan mudah diingat. Memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya menghafal.

Menentukan teknik yang lebih efektif, menghafalkan keseluruhan atau bagian-bagian yang penting saja. Menghafal dengan menggunakan sistem daring menekankan karakter jujur dalam mengirimkan hafalan baik dalam bentuk video atau suara, yang jelas disertai jaringan internet yang bagus. (fbs1/lis)

Guru SDN 04 Asemdoyong

Author

Populer

Lainnya