Belajar Pengindraan Jauh Lebih Asyik dengan Google Maps

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Materi pengindraan jauh yang ada pada mata pelajaran Geografi merupakan salah satu bab yang cukup disukai oleh murid-murid kelas XII IPS 4 SMA Negeri 6 Semarang. Materi Pengindraan Jauh ini mengajarkan para pelajar untuk dapat memperoleh obyek, daerah, atau gejala dengan data yang diperoleh tanpa kontak secara langsung. Hal ini membuat para guru, khususnya pada mata pelajaran geografi perlu alternatif pembelajaran lain agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih seru dan tidak membosankan. Maka dari itu, adanya aplikasi Google Maps menjadi pilihan bagi beberapa guru dalam kegiatan belajar mengajar pada materi Pengindraan Jauh ini.

Menurut Lillesand dan Kiefer (1979), Pengindraan Jauh sendiri memiliki definisi berupa ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, daerah, atau gejala dengan cara menganalisa data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap obyek, daerah, atau gejala yang sedang dikaji. Dengan definisi yang menyebutkan jika informasi yang diperoleh perlu menggunakan alat yang tidak kontak langsung dengan sesuatu yang sedang dikaji, membuat beberapa guru memilih untuk menggunakan aplikasi yang dilahirkan oleh Google LLC tahun 2005 silam, yaitu Google Maps.

Baca juga:   Keluarga Berperan Penting dalam Motivasi Belajar Siswa di Sekolah

Google Maps atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Peta Google ini merupakan layanan pemetaan web yang sudah banyak dikembangkan oleh Google (Wikipedia). Google Maps sendiri sekarang ini sudah menjadi sebuah aplikasi yang sangat populer di kalangan para pengguna smartphone. Dengan banyaknya layanana berupa citra satelit, kondisi lalu lintas, peta jalanan, panorama 360 derajat, dan perencanaan rute untuk berpergian, baik itu dengan jalan kaki maupun menggunakan kendaraan, membuat aplikasi ini sangat berguna bagi banyak orang yang ingin berpergian walaupun tidak pernah mengunjungi tempat itu sekalipun.

Dengan canggihnya layanan yang diberikan oleh Google Maps untuk para penggunanya, hal ini membuat beberapa guru geografi memilih untuk mengajarkan materi Pengindraan Jauh menggunakan aplikasi ini. Selain agar para siswa tidak bosan hanya dengan mendengarkan atau membaca materi saja, penyampaian materi menggunakan alat bantu sekaligus mempraktikkannya membuat ilmu dari materi Pengindraan Jauh jadi lebih cepat ditangkap oleh siswa-siswa yang mengikutinya. Mudahnya penggunaan aplikasi Google Maps memiliki manfaat lain yang dapat diambil, salah satunya adalah siswa jadi bisa membaca peta. Hal yang mungkin saja baru bagi beberapa siswa yang awalnya tidak bisa membaca peta. Penggunaan aplikasi Google Maps juga menjadi lebih asyik karena para siswa dapat lebih mengeksplorasi daerah yang sedang mereka kaji.

Baca juga:   Metode Tutor Sebaya Mudahkan Mencari Volume Bangun Ruang

Aplikasi Google Maps yang sangat mudah digunakan dan dipahami, sangat membantu siswa dalam pembelajaran materi Pengindraan Jauh. Para siswa pun juga tidak akan merasa bosan dan jenuh dalam mempelajari materi ini karena mereka tidak hanya mendapatkan materi dari buku dan penjelasan dari guru, mereka juga ikut mempraktikkan langsung materi Pengindraan Jauh ini menggunakan aplikasi Google Maps. (fbs2/aro)

Guru SMA Negeri 6 Semarang

Author

Populer

Lainnya